Kaya Manfaat, Madu Hitam Mampu Bantu Kontrol Gula Darah hingga Menurunkan Risiko Kanker

Kaya Manfaat, Madu Hitam Mampu Bantu Kontrol Gula Darah hingga Menurunkan Risiko Kanker

Madu Hitam/ilustrasi-ilustrasi-berbagai sumber

Senyawa ini memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada perut, seperti helicobacter pylori. 

Ketika mengonsumsi madu hitam, asam lambung akan mengencerkannya untuk mengaktifkan senyawa glukosa oksidase. Senyawa ini akan merangsang protein dan sel-sel yang diperlukan dalam proses penyembuhan luka pada perut.

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Madu hitam mengandung senyawa alkaloid dalam jumlah yang cukup tinggi. Ternyata, senyawa ini memiliki sifat antihiperglikemik yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. 

Jadi, bagi kamu yang ingin mengatur kadar gula darahmu, madu hitam bisa menjadi pilihan yang tepat! Yang menariknya, kandungan alkaloid dalam madu hitam membuatnya tidak akan membuat kadar gula darahmu melonjak secara signifikan setelah dikonsumsi.

Madu hitam bisa menjadi alternatif pemanis alami yang aman untuk makanan atau minumanmu. Jadi, bagi kamu yang ingin menjaga kadar gula darahmu tetap stabil, madu hitam bisa menjadi solusi yang lezat dan menyehatkan. 

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Madu hitam kaya akan senyawa flavonoid yang terkenal sebagai pahlawan antioksidan dan anti peradangan. Senyawa ajaib ini tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, tetapi juga memberikan keajaiban bagi kesehatan anda. 

Dalam madu hitam, flavonoid ini bekerja dengan luar biasa untuk membantu mengatur kolesterol jahat atau HDL, menjaga kekuatan dinding pembuluh darah, dan bahkan mencegah aterosklerosis yang menjengkelkan, yaitu plak atau lemak yang menghambat aliran darah di pembuluh arteri.

Menurunkan Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin pada tahun 2022, ditemukan bahwa kandungan flavonoid dalam madu hitam memiliki keajaiban dalam melawan risiko efek negatif dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Kesehatan Otak

Polifenol yang ada dalam madu hitam memiliki manfaat luar biasa dalam melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer. 

Bukan hanya itu, polifenol juga bekerja dengan baik dalam menjaga kesehatan sel saraf, mengurangi peradangan pada saraf, serta mencegah penurunan daya ingat dan kecerdasan.

Bagus untuk Kesehatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: