Catat Jadwalnya! Dinas Kesehatan Riau Gelar Vaksinasi Polio Secara Gratis

Catat Jadwalnya! Dinas Kesehatan Riau Gelar Vaksinasi Polio Secara Gratis

Ilustrasi vaksin polio bio farma-ilustrasi-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Provinsi Riau menggelar program pemberian vaksin polio. Rencananya, pemberian vaksin polio ini berlangsung dalam dua putaran.

Putaran pertama yakni pada 23 Juli hingga 29 Juli 2024. Sedangkan putaran kedua berlangsung pada 6 Agustus hingga 12 Agustus 2024.

"Masyarakat bisa mendapatkan imunisasi secara gratis," kata Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Fira Septiyanti dalam keterangannya kutip Sabtu (3/8/2024).

Fira menjelaskan, bahwa Polio merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. penyakit ini berbahaya karena bisa membuat anak lumpuh seumur hidup

Oleh sebab itu, pemerintah kota pun menggelar imunisasi polio ini secara serentak di Kota Pekanbaru. Adanya imunisasi ini sebagai upaya mencegah polio menyerang anak-anak.

"Walau polio tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah dengan cara mendapat imunisasi ini," ujarnya.

Fira menambahkan, bahwa dalam program pemberian imunisasi ini menyasar anak-anak usia nol hingga usia tujuh tahun sebelas bulan.

"Warga tidak hanya bisa mendapatkan imunisasi ini di posyandu, puskemas dan rumah sakit. Ada rencana tim bakal mendatangi sekolah serta pos pelayanan imunisasi terdekat," pungkasnya.

Penyebab dan Bahaya Polio pada Anak

Polio, atau poliomielitis, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan dalam hitungan jam. 

Penyakit ini terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun, meskipun orang dewasa juga dapat terinfeksi. Berikut adalah penjelasan tentang penyebab dan bahaya polio pada anak.

Penyebab Polio

Virus Polio

Polio disebabkan oleh virus polio, yang termasuk dalam kelompok enterovirus. Virus ini memiliki tiga jenis serotipe: tipe 1, tipe 2, dan tipe 3. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: