Hasil Studi Kesehatan: Gen X dan Milenial Lebih Rentan Terkena Kanker

Hasil Studi Kesehatan: Gen X dan Milenial Lebih Rentan Terkena Kanker

Keanker/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai Sumber

Untuk membandingkan tingkat kanker antar generasi, para peneliti menghitung rasio tingkat kejadian dan tingkat kematian untuk setiap kohort kelahiran, yang disesuaikan berdasarkan usia dan periode, dalam interval lima tahun dari 1920 hingga 1990. 

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kejadian kanker meningkat pada generasi muda, setelah menurun pada generasi yang lebih tua untuk sembilan jenis kanker lainnya.

Kanker dimaksud yakni, kanker payudara (hanya reseptor estrogen positif), kanker tubuh rahim, kanker kolorektal, kanker lambung non-kardia, kanker kandung empedu, kanker ovarium, kanker testis, kanker anus pada pria, dan sarkoma Kaposi pada pria.

Faktor Penyebab Kanker

1. Gaya Hidup dan Pola Makan Tidak Sehat

Gaya hidup modern seringkali dikaitkan dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, dan minuman manis yang tinggi gula dan kalori. 

Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko obesitas, yang merupakan faktor risiko utama untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

2. Paparan Lingkungan dan Polusi

Generasi X dan Milenial tumbuh di era di mana polusi udara dan paparan bahan kimia industri meningkat secara signifikan. 

Paparan jangka panjang terhadap polutan udara, bahan kimia beracun, dan radiasi lingkungan dapat merusak DNA dan memicu perkembangan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa polusi udara dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kanker lainnya.

3. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kehidupan modern sering kali membuat Generasi X dan Milenial kurang aktif secara fisik. Pekerjaan yang cenderung mengharuskan duduk dalam waktu lama dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko obesitas dan kanker. Aktivitas fisik yang teratur penting untuk menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko kanker.

4. Konsumsi Alkohol dan Merokok

Meskipun tren merokok menurun, masih banyak orang dari Generasi X dan Milenial yang merokok atau mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. 

Merokok adalah faktor risiko utama untuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan banyak jenis kanker lainnya. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker hati, payudara, dan kanker lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: