Timnas Indonesia U19 Tembus Final Piala AFF U-19 Lewat Gol Tunggal Alfharezzi Buffon

Timnas Indonesia U19 Tembus Final Piala AFF U-19 Lewat Gol Tunggal Alfharezzi Buffon

Timnas Indonesia U19 lolos ke final Piala AFF U19 2024 usai kalahkan Malaysia 1-0--

Pada menit ke-64, aksi Dony yang masuk ke kotak penalti hampir menghasilkan gol bagi Indonesia. Namun, tendangan kapten Indonesia itu masih diblok bek Malaysia.

Empat menit kemudian, aksi Raven menarik perhatian bek Malaysia. Striker muda milik Dordrecht U-21 itu lalu memberikan bola kepada Welber Jardim yang siap menembak. Namun, tendangan Welber masih di atas gawang Malaysia.

Begitu juga pada menit ke-74, usaha Welber dengan cara yang sama masih tipis di atas mistar gawang.

Pada akhirnya, serangan bertubi-tubi Indonesia berhasil merobek jala gawang Malaysia pada menit ke-77 melalui bek mereka Muhammad Alfharezzi Buffon.

BACA JUGA:

Berawal dari crossing Welber Jardim di area kanan pertahanan Malaysia, kemelut terjadi di pertahanan Malaysia ketika bola didapatkan Iqbal Gwijangge.

Iqbal mendapatkan bola yang diakhiri dengan tendangan yang diblok bek Malaysia. Bola hasil blok bek Malaysia kemudian melambung dan Buffon yang berada di posisi yang tepat melakukan tembakan first time.

Tembakan Buffon membentur tiang gawang terlebih dahulu sebelum memantul ke Kiper Malaysia Muhammad Haziq Aiman yang kemudian malah masuk ke gawang sendiri. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Di sisa babak kedua, tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia mengakhiri rekor belum pernah menang di Piala AFF U-19 melawan Malaysia dan melaju ke final turnamen yang digelar sejak 2002 ini untuk kedua kalinya setelah edisi 2013.

Di final, Indonesia bertemu Thailand yang menang 1-0 atas Australia dengan 10 pemain. Laga final dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (29/7) pukul 19.30 WIB.

Sementara itu, Malaysia akan melawan Autralia pada perebutan peringkat ketiga pada pukul 15.00 WIB di tempat yang sama.

Susunan pemain kedua tim:

Timnas Indonesia U-19:

Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim, Dony Tri Pamungkas (C), Muhammad Mufli Hidayat.

Pelatih: Indra Sjafri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: