Memahami Arti Kata 'Mewing', Istilah Populer yang Sedang Tren di Kalangan Anak Muda

Memahami Arti Kata 'Mewing', Istilah Populer yang Sedang Tren di Kalangan Anak Muda

Ilustrasi foto: Memahami arti Mewing yang trend dikalangan anak muda.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kata slang dalam bahasa gaul di media sosial semakin beragam. Berbagai bahasa slang ini tentu memiliki konteks tersendiri. Salah satunya kata Mewing yang kerap digunakan pengguna di platform TikTok maupun Twitter/X terutama pada kalangan anak muda. 

Kata Mewing sendiri sebenarnya berasal dari dunia kecantikan dan kesehatan. Ini merupakan teknik di mana seseorang mendorong lidah mereka ke langit-langit mulut untuk memperoleh garis rahang dan tulang pipi yang lebih tegas. 

Teknik ini dulunya dipraktikan oleh model untuk mendapatkan bentuk wajah yang lebih menarik dalam foto. Namun, tren mewing kini telah diadopsi oleh remaja sebagai bentuk komunikasi nonverbal diantara mereka. 

BACA JUGA:

Dilansir dari laman Find My Kids, saat ini, Mewing bukan lagi sekadar tren kecantikan. Mayoritas remaja terutama di media sosial menggunakan teknik ini sebagai isyarat untuk menunjukkan ketidakpatuhan. 

Ketika mereka melakukan Mewing, maka hal ini menjadi salah satu ungkapan ekspresi untuk membungkam guru atau orang tua mereka dengan tujuan menolak untuk ikut serta dalam diskusi atau pelajaran di sekolah.

Hal ini menjadi salah satu ungkapan ekspresi secara tidak langsung menunjukkan bahwa mereka tidak menghormati rekan kerja atau lawan bicaranya.

Dalam bentuk non-verbal, Mewing memiliki gesture tertentu yaitu gerakan shushing (membungkam) dan kemudian gerakan jari sepanjang garis rahang mereka, menandakan bahwa mereka sedang Mewing dan tidak bisa berbicara. 

Hal ini bisa diartikan bahwa ketika seseorang memperagakan gesture ini maka pada dasarnya sedang mengekspresikan membungkam orang lain, sering kali dengan cara yang tidak sopan.

BACA JUGA:

Mewing sebenarnya adalah teknik untuk membantu orang memperbaiki postur dan bentuk wajah mereka. Namun, tren ini menjadi masalah tersendiri ketika beberapa anak muda mulai menggunakan Mewing sebagai isyarat untuk menyuruh orang diam, yang sebenarnya bertentangan dengan tujuan aslinya. 

Makna baru dari kata mewing ini, yaitu sebagai cara untuk menghindari berpartisipasi dan membungkam orang lain, membuatnya memiliki reputasi buruk, terutama di lingkungan sekolah, seperti yang diungkapkan oleh para guru dan psikolog. Dulu, Mewing adalah teknik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan, tapi sekarang menjadi simbol perilaku tidak sopan dan mengganggu. 

Itulah arti kata Mewing yang tren di media sosial dan diartikan sebagai ekspresi tidak langsung membungkam seseorang. Kendati demikian arti kata Mewing juga bisa jadi diartikan sesuai dengan konteks dan preferensi masing-masing pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: