Dampak Positif Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Mental Secara Psikologi, Apa Saja Sih?

Dampak Positif Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Mental Secara Psikologi, Apa Saja Sih?

Manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan secara psikologis.--unsplash.com

Manfaat lain dari musik yang didukung sains adalah musik bisa meningkatkan mood dan membuat Anda lebih bahagia. Sebuah penelitian menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati.

BACA JUGA:

Mengontrol tekanan darah

Manfaat musik bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa mengubah laju napas, detak jantung, dan tekanan darah. Bila Anda memiliki kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi, cobalah dengarkan musik dengan intensitas dan tempo yang ringan.

Membantu mengurangi stres

Musik telah terbukti menjadi penolong untuk menurunkan stres yang dialami seseorang. Ini, terutama, mengacu pada musik yang bertujuan untuk meditasi, menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah mengalami stres.

Dapat meningkatkan daya ingat 

Dilansir dari laman Healthline, mendengarkan musik diketahui dapat merangsang otak dan memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk menghafal. Selain itu, musik diketahui dapat memperlambat penurunan kognitif, membantu orang dengan demensia ringan atau sedang mengingat episode dari kehidupan mereka. Memori musik adalah salah satu fungsi otak yang paling tahan terhadap demensia. Itulah mengapa beberapa pengasuh berhasil menggunakan musik untuk menenangkan pasien demensia dan membangun hubungan saling percaya dengan mereka.

Mengurangi gejala depresi

Depresi yang tidak ditangani dapat menjadi masalah serius, karena bisa membuat seseorang cenderung bertindak tanpa berpikir panjang, misalnya melakukan percobaan bunuh diri atau benar-benar mengakhiri hidupnya. Namun, ini bisa diatasi dengan mendengarkan musik. Selain mengurangi depresi dan kecemasan pada mereka yang mengidap demensia, stroke, dan Penyakit Parkinson, musik tidak menunjukkan efek samping negatif, alias aman digunakan sebagai terapi. 

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait dampak positif mendengarkan musik untuk kesehatan mental secara psikologis. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: