Cegah Lupa dan Buat Otak Sehat, 5 Kebiasaan Ini Wajib Kamu Lakukan di Pagi Hari

Cegah Lupa dan Buat Otak Sehat, 5 Kebiasaan Ini Wajib Kamu Lakukan di Pagi Hari

Ilustrasi foto: kebiasaan yang baik untuk kesehatan otak.-Foto: Freepik.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Melansir laman Kemenkes, pikun atau demensia merupakan menurunnya daya ingat dan kemampuan berpikir secara drastis, akibat menurunnya fungsi jaringan otak.  Gejala pikun biasanya meningkat seiring pertumbuhan usia. 

Akan tetapi perlu diketahui, pikun bukan merupakan gejala normal dari proses penuaan. Menjaga kesehatan otak sangat penting dilakukan untuk memastikan kinerja optimal fungsi otak dan mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti pikun atau demensia. 

Setidaknya, menjaga kebiasaan baik melalui rutinitas pagi akan memiliki manfaat besar. Kebiasaan-kebiasaan yang dibangun saat pagi hari akan menangkal penurunan fungsi kognitif, sambil meningkatkan kejernihan dan konsentrasi.

Berikut hal yang harus menjadi kebiasaan di saat pagi hari:

BACA JUGA:

Minum secangkir kopi

Menurut ulasan pada Mei 2021 di Cureus, kafein dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan otak dan daya ingat. Bukan hanya itu, ulasan pada Desember 2016 di Practical Neurology juga menunjukkan bahwa kopi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kewaspadaan, kesejahteraan, konsentrasi, dan suasana hati.

Latihan kardio selama 30 Menit

Berolahraga kardio selama 30 menit setiap pagi, seperti jalan cepat atau bersepeda, dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek dan panjang. Olahraga kardio membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang penting untuk kesehatan otak dan mencegah kerusakan.

CDC merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setiap minggu, atau 75 menit olahraga berat seperti lari atau berenang. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Lakukana aktivitas di luar rumah

Penelitian menunjukkan bahwa isolasi sosial merupakan faktor risiko penurunan kognitif di kemudian hari. Menjalin hubungan sosial yang kuat dapat mencegah depresi sampai pada taraf tertentu.

BACA JUGA:

Main games menantang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: