Review Film Hijack 1971: Kisah Pembajakan Pesawat Korea Selatan yang Diangkat dari Kisah Nyata

Review Film Hijack 1971: Kisah Pembajakan Pesawat Korea Selatan yang Diangkat dari Kisah Nyata

Poster film Hijack 1971.--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hijack 1971 merupakan film Korea Selatan yang terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada pesawat Korea Airlines, tetapi pembuatannya sendiri menekankan bahwa filmnya adalah fiksi dengan dramatisasi. 

Dengan durasi 100 menit, film ini berisi adegan-adegan laga menegangkan. Film ini disutradari oleh Kim Sung Han. Sedangkan untuk penulis naskahnya ditulis oleh Kim Kyung Chan yang mendapat penghargaan untuk skenario luar biasa di film 1987. 

Film ini menggambarkan keadaan di dalam sebuah pesawat di Korea Selatan, dengan seorang penumpang bernam Yong Dae (Yeo Jin Goo) membajak pesawat penumpang dan memaksa pesawat untuk terbang ke Korea Utara. 

Situasi di dalam pesawat semakin mencekam saat Yong Dae mengancam ingin meledakan bom. Hijack 1971 kini menduduki posisi keempat film Korea terlaris pada 2024 di negaranya, dengan perolehan jumlah penonton bioskop sebesar 1,6 juta orang berdasarkan data Korean Film Council. 

BACA JUGA:

Alur cerita Hijack 1971 punya nilai lebih karena menaruh konteks sosial politik dalam filmnya. Pada awal cerita digambarkan bahwa kopilot yang bertaruh nyawa saat pembajakan pada 1969 ternyata tetap ditahan di Korea Utara saat mayoritas penumpang akhirnya dipulangkan ke Korea Selatan. 

Sementara itu keluarganya sudah kadung dituduh sebagai komunis karena dianggap terlibat pembajakan, meski namanya sudah dibersihkan. Hidup mereka pun tak lagi sama. 

Motif aksi pembajakan pada 1971 ini pun masih terkait dengan peristiwa pada 1969. Motif ini pula yang membuat Yong-dae menjadi sosok antagonis yang tidak hitam putih, karena sejatinya ia juga jadi salah satu dari banyak korban. 

Karena hal ini, dan beberapa hal lainnya yang mengandung spoiler, ending Hijack 1971 pun seperti menyisakan rasa getir meski para penumpang bisa selamat. Dibuka dengan kisah yang cukup menegangkan, Hijack 1971 pun berakhir dengan kisah sedih yang bisa membuat penonton menitikkan air mata.

BACA JUGA:

Sinopsis Film Hijack 1971

Pada 1969, Tae-in (Ha Jung-woo) adalah pilot pesawat tempur Angkatan Udara Korea Selatan. Sebuah insiden pembajakan pesawat pada 1969 yang melibatkan dirinya lantas membuat Tae-in harus mengundurkan diri.

Setahun kemudian, Tae-in menjadi kopilot pesawat komersial. Ia melakukan tugasnya bersama kapten Gyu-sik (Sung Dong-il), terbang dengan Korean Airlines dari Gangneung menuju Seoul. 

Namun belum lama berada di udara, pesawat tersebut dibajak oleh seorang pemuda berusia 22 tahun bernama Yong-dae (Yeo Jin-goo). Sambil membawa dua bom tangan, ia memerintahkan agar pesawat mengarah ke Korea Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: