Bingung Cara Baca Nilai Gizi pada Kemasan Makanan, Ikuti Tips Ini

Bingung Cara Baca Nilai Gizi pada Kemasan Makanan, Ikuti Tips Ini

Cara membaca nilai gizi dalam makanan kemasan--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam setiap kemasan akan tercatum nilai gizi makanan. nilai gizi pada makanan ditampilkan dalam kemasan sangat penting. Agar masyarakat mengetahui seberapa baiknya gizi  makanan tersebut.

Ketua Tim Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta Evi Citraprianti, S.Si, Apt. memberikan tips membaca label informasi nilai gizi pada makanan kemasan.

Mengecek label nilai gizi sangat penting sebagai salah satu kunci keamanan pangan untuk memilih pangan.

Hal ini sekaligus untuk meningkatkan mutu gizi masyarakat dengan nutrisi seimbang.

Saat ini, sudah banyak makanan kemasan yang dikonsumsi dalam keseharian. Pangan kemasan ini wajib mencantumkan informasi nilai gizi.

BACA JUGA:

"Informasi nilai gizi adalah daftar kandungan zat gizi dan non gizi pangan olahan sebagaimana produk pangan olahan dijual sesuai dengan format yang dibakukan," terang Evi pada 16 Juli 2024.

Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menakar jumlah asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dan mengetahui zat gizi/non gizi yang terdapat pada pangan kemasan tersebut.

Label informasi nilai gizi sendiri diatur dalam Peraturan BPOM Nomor 22  Tahun 2019 tentang Informasi Nilai Gizi pada Label Pangan Olahan. Sedangkan pada peraturan BPOM Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan mengatur tentang label pangan yang dapat berupa gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada pangan, dimasukkan di dalam, ditempelkan pada, atau merupakan bagian dari kemasan pangan.

Pada Informasi Nilai Gizi, terdapat informasi yang wajib dicantumkan, yakni takaran saji, jumlah sajian per kemasan, dan catatan kaki.

"Zat gizi yang wajib dicantumkan adalah energi total, lemak total, lemak jenuh, protein, karbohidrat total, gula, dan garam," paparnya.

Dengan banyaknya informasi tersebut, tak jarang kebingungan terjadi ketika memeriksa label informasi nilai gizi pada makanan kemasan.

BACA JUGA:

Dalam hal ini, Evi menjelaskan bahwa terdapat dua bentuk informasi nilai gizi, yakni pada bagian belakang label dan pada bagian utama label.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: