Kenali Manfaat Serta Kandungan yang Ada Pada Extra Virgin Olive Oil, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah

Kenali Manfaat Serta Kandungan yang Ada Pada Extra Virgin Olive Oil, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah

Ilustrasi foto: manfaat extra virgin olive oil.--Foto: ideogram.ai

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Olive Oil atau yang lebih dikenal dengan Minyak Zaitun merupakan yang pertama kali ditemukan di Asia hampir 3000 tahun yang lalu, dan telah digunakan secara luas sejak saat itu sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka.

Tetapi, orang-orang Mediterania yang pertama kali mengenali nilai sebenarnya dari tanaman ini, menggunakannya untuk berbagai tujuan, yang lebih dari sekadar penyembuhan luka.

Minyak yang diekstrak dari zaitun, yang sekarang dikenal sebagai minyak zaitun, mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal. Hal ini memberikan efek positif pada kadar kolesterol darah Anda dan juga memerangi penyakit kardiovaskular lainnya.

Minyak zaitun yang diekstrak ini juga digunakan sebagai pelembab yang efektif dan perawatan yang sangat baik untuk iritasi kulit.

BACA JUGA:

Berdasarkan tingkat pemrosesan yang dilakukan pada minyak zaitun, yang paling murni dan paling sehat adalah Minyak Zaitun Extra Virgin atau Extra Virgin Olive Oil.

Minyak ini diproduksi dengan cara mengepres dingin buah zaitun yang baru dipanen, tanpa menggunakan bahan kimia atau perasa buatan.

Faktanya, ini adalah satu-satunya minyak nabati yang dapat dikonsumsi dalam bentuk alami, tanpa pengolahan apapun. Berikut ada beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak zaitun. 

Kandungan Nutrisi Dalam Minyak Zaitun 

  • Vitamin K 8 mikrogram 
  • Vitamin E 1,9 miligram 
  • Natrium 0,3 miligram 
  • Kalium 0,1 miligram 
  • Lemak 13,5-14 gram 

Walaupun banyak mengandung lemak, namun lemak yang ada dalam minyak zaitun adalah jenis lemak sehat seperti omega 6, omega 3, asam oleat, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun pun mengandung antioksidan dan kolin seperti polifenol dan flavonoid.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun 

1. Menjaga fungsi otak 

Ada salah satu manfaat dari minyak zaitun yang sangat penting yaitu bisa memelihara kesehatan dan fungsi otak. Sebuah penelitian mengungkapkan jika kandungan zat anti radang dan antioksidan dalam minyak zaitun bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit di dalam otak, seperti demensia dan stroke. 

2. Mengatasi sembelit 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: