Kenali Tanda Psikologis pada Anak Siap Sekolah yang Perlu Orang Tua Ketahui!

Kenali Tanda Psikologis pada Anak Siap Sekolah yang Perlu Orang Tua Ketahui!

Ilustrasi anak sekolah.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di Indonesia, usia yang dianggap ideal untuk anak masuk TK adalah 4-5 tahun. Sebagai persyaratan masuk SD, aturan yang berlaku saat ini adalah anak harus berusia 6-7 tahun. 

Namun, perlu diperhatikan aspek apa saja yang sebenarnya mempengaruhi kesiapan anak untuk bersekolah. Dengan mengetahui beberapa aspek ini, orangtua dapat mempersiapkan anaknya saat mendekati usia bersekolah. 

Menurut pakar pendidikan, anak bisa dianggap siap masuk sekolah ketika ia secara emosional, perilaku, serta kemampuan kognitif dianggap matang untuk menerima pelajaran dan melakukan kegiatan belajar. 

Kesiapan seorang anak mengacu pada apakah seorang anak siap untuk menghadapi lingkungan sekolah baru dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan sekolah dengan optimal. 

BACA JUGA:

Namun, kesiapan anak untuk menghadapi dunia sekolah tidak hanya ditentukan oleh usia. Banyak faktor lain yang turut berpengaruh, mulai dari aspek emosional, kognitif, hingga sosial. 

Beberapa anak mungkin tampak siap meski usianya masih muda, sementara yang lain butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi, walaupun sudah berada usia sekolah. 

Seringkali, orang tua beranggapan bahwa usia adalah satu-satunya indikator kesiapan anak untuk sekolah. Padahal, banyak anak yang secara usia sudah mencukupi tetapi masih memerlukan waktu lebih untuk berkembang secara emosional atau sosial.

Hal inilah yang sang nantinya sangat penting untuk mengembangkan keterampilan anak-anak dalam berbagai hal, seperti membangun interaksi sosial, bermain, kemampuan bahasa, perkembangan emosional, keterampilan fisik, kemampuan membaca dan menulis, serta keterampilan motorik halus.

Tanda-tanda Anak Siap Masuk Sekolah

Untuk melihat kesiapan anak, berikut ini beberapa tanda psikologis anak siap sekolah yang bisa orang tua simak:

  1. Mampu untuk berpisah dari orang tua atau pengasuhnya.
  2. Menunjukkan rasa percaya diri.
  3. Dapat berkomunikasi dengan jelas dan mampu mengikuti arahan guru dengan efektif.
  4. Dapat menjalin hubungan pertemanan dengan siswa lain menggunakan keterampilan bahasa yang dimilikinya.
  5. Memiliki tanggung jawab atas diri sendiri dan barang-barang yang dimilikinya, termasuk kemampuan untuk pergi ke toilet tanpa ditemani.
  6. Ciri-ciri anak siap masuk SD selanjutnya adalah mudah beradaptasi dan mengatasi perubahan, terutama lingkungan dan kebiasaan yang berbeda dari saat mereka berada di taman kanak-kanak.
  7. Mampu menghadapi tantangan dan bangkit setelah mengalami kegagalan.
  8. Mampu menaati aturan di sekolah.
  9. Mau terlibat dalam berbagai hal baru di sekolahnya.
  10. Berusaha memecahkan masalah dan menunjukkan rasa ingin tahu yang besar.

BACA JUGA:

Agar anak semakin siap untuk sekolah, maka sebagai orang tua harus memenuhi kebutuhan dasar anak-anaknya, yaitu pemenuhan gizi yang baik dan tidur yang cukup.

Pastikan untuk memberikan asupan bergizi seimbang yang mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta vitamin dan mineral untuk mendukung anak dalam proses belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: