Jadi Tahu! Ternyata Ini 7 Penyebab Knalpot Bisa Nembak Saat Lepas Gas

Jadi Tahu! Ternyata Ini 7 Penyebab Knalpot Bisa Nembak Saat Lepas Gas

Perlu diketahui bahwa kondisi knalpot menembak suara itu menjadi sebuah pertanda bahwa knalpot sedang tidak dalam kondisi baik.--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mungkin dari banyak kamu pernah merasakan kondisi knalpot motor nembak saat lepas gas, dan terkadang kejadian tersebut bikin kita terkejut.

Perlu diketahui bahwa kondisi knalpot menembak suara itu menjadi sebuah pertanda bahwa knalpot sedang tidak dalam kondisi baik. Tetapi jangan khawatir, karena hal ini bukan menjadi sebuah pertanda buruk bagi kondisi mesin motor kamu.

Lantas kira-kira apa ya penyebab knalpot bisa mengeluarkan suara alias nembak saat lepas gas? Semua akan terjawab dalam artikel ini, simak hingga tuntas ya.

BACA JUGA:Waspada Tarikan Motor Berat dan Brebet Bisa Merusak Mesin, lho! Ini Penyebab dan Solusinya

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Ciri-ciri Aki Motor Masih Bisa Dicas atau Tidak, Berakibat Fatal Jika Dipaksakan

Penyebab Knalpot Mengeluarkan Suara

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan knalpot mengeluarkan suara saat kondisi pengemudi melepas gas motor.

Meskipun tidak membahayakan, tapi kondisi ini cukup mengganggu diri sendiri dan juga pengendara lainnya.

Untuk itu perlu diketahui tujuh penyebab yang memungkinkan terjadi knalpot menembak atau mengeluarkan suara saat lepas gas yang dilansir dari laman Wahana Honda:

1. Adanya Tanda Kebocoran Knalpot

Penyebab umum knalpot mengeluarkan suara nembak adalah karena adanya kebocoran pada knalpot motor. Kebocoran ini bisa terjadi di berbagai bagian, yang memungkinkan Udara luar masuk ke dalam system pembuangan sehingga mengganggu liran gas buang, dan menyebabkan ledakan kecil.

Untuk itu perlu adanya pengecekan secara mandiri dengan kondisi knalpot motor kamu. Mungkin saja ada kebocoran pada sambungan pipa, las, atau muffler.

2. Saluran Mesin Motor Terindikasi Bermasalah

Ada kemungkinan yang cukup besar terjadi pada saluran mesin, seperti saluran intake yang tersumbat atau klep yang tidak bekerja dengan baik yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: