Musim Hujan, Simak Tips Efektif Berikut Ini untuk Menghilangkan Sakit Kepala Setelah Kehujanan

Musim Hujan, Simak Tips Efektif Berikut Ini untuk Menghilangkan Sakit Kepala Setelah Kehujanan

Ilustrasi sakit kepala saat terkena huja.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Saat musim hujan tiba, terkadang kita  tak dapat menghindari guyuran hujan atau sekedar gerimis dalam perjalanan. Adanya mitos tentang air hujan yang jadi penyebab pusing ternyata bukan tanpa dasar yang jelas. 

Kira-kira apa yang jadi penyebab hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya pada artikel ini. Saat hujan turun, temperatur udara menurun dan/ hawa dingin menyebabkan cuaca lebih dingin. 

Hal ini sangat berpengaruh karena suhu udara yang rendah bisa menyebabkan sistem imun/imun tubuh menurun juga. Bagi orang yang tinggal di daerah tropis dan terbiasa dengan udara hangat, udara dingin bisa jadi salah satu “musuh” yang membuat tubuh/kekebalan tubuh merespon dengan menimbulkan sakit di kepala, bahkan demam.

Lalu bagaimana sebenarnya proses yang terjadi hingga air hujan dapat menyebabkan pusing? Penjelasan lebih detailnya ada di bawah ini:

BACA JUGA:

Ada perubahan suhu dan tekanan pada tubuh. Saat kehujanan, tubuh kita tidak hanya akan basah karena terkena air namun juga akan ada perubahan suhu menjadi lebih dingin.

Kondisi tersebut akan menciptakan perbedaan tekanan udara dari luar dengan udara di dalam tubuh, terutama pada bagian hidung. Perubahan suhu ini lah yang bisa menyebabkan sakit. 

Air hujan membuat daya tahan tubuh rendah. Ternyata, ketika kita terkena hujan, imun di dalam tubuh kita juga akan menurun walaupun hanya sementara. Alasannya karena air hujan mengandung banyak parasit dan kuman. 

Apalagi, parasit dapat bertahan lebih lama dalam suhu dingin. Jadi, wajar saja kalau kita langsung merasa pusing setelah terpapar oleh air hujan dalam periode waktu tertentu.

Jadi, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut tips mengatasi pusing setelah kehujanan:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Ilustrasi buah-buahan Foto:unsplash.com

Mengingat sakit dan pusing setelah kehujanan disebabkan oleh turunnya daya tahan tubuh, Anda selalu menjaga imunitas tubuh. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Jika diperlukan, Anda bisa makan suplemen tambahan vitamin C.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: