Ubah Kebiasaan! Ini 7 Cara Meningkatkan Fokus dan Produktivitas saat Bekerja

Ubah Kebiasaan! Ini 7 Cara Meningkatkan Fokus dan Produktivitas saat Bekerja

Ilustrasi kebiasaan yang bisa membuat fokus untuk bekerja--Freepik

3. Terapkan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang efektif untuk meningkatkan fokus. Caranya adalah dengan membagi waktu kerja Anda menjadi interval-interval 25 menit, diselingi dengan istirahat 5 menit.

Selama 25 menit, fokuslah sepenuhnya pada pekerjaan Anda dan hindari gangguan apa pun. Saat istirahat 5 menit, lakukan aktivitas yang Anda sukai, seperti berjalan-jalan, minum air putih, atau mendengarkan musik.

Ulangi siklus ini selama beberapa jam dan Anda akan merasakan peningkatan fokus yang signifikan.

BACA JUGA:5 Menu Sarapan Cepat dan Lezat, Cocok untuk Pekerja yang Super Sibuk

BACA JUGA:Rahasia Memilih Pakaian Kerja dan Dinas yang Tepat di Berbagai Situasi

 

4. Penuhi kebutuhan air minum minimal 2 liter

Selain makanan yang bernutrisi, otak juga membutuhkan air. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka aliran darah menjadi tidak lancar.

Akibatnya darah tidak bisa membawa nutrisi hingga ke bagian otak secara optimal. Itulah mengapa kebiasaan untuk mengonsumsi air dapat meningkatkan fokus saat bekerja.

5. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan fokus

Agar bisa meningkatkan fokus saat bekerja, salah satu usaha yang harus biasa dilakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat mengalihkan fokus.

Pertama, ketahui terlebih dahulu apa saja hal yang biasa membuat kita teralih fokus, misalnya dering notifikasi handphone, media sosial, suara bising, dan sebagainya. Setelah mengetahui penyebabnya maka latihlah untuk mengurangi intensitas interaksi dengan pengalih fokus tersebut.

6. Hindari Multitasking

Multitasking memang terlihat efisien, namun sebenarnya dapat menurunkan fokus dan produktivitas Anda. Fokuslah pada satu tugas pada satu waktu untuk menyelesaikannya dengan lebih cepat dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: