Ketahui 5 Kerusakan Umum Ini Sering Mengintai Honda BeAT Kesayangan, Ini Penyebabnya!
Ilustrasi penampilan Honda BeAT terbaru-AHM tengah mempersiapkan New Honda BeAT dengan fitur keyless untuk mencegah tindakan pencurian--RadarPekalongan.Disway
Lampu yang sering mati pada BeAT dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu bohlam yang putus, aki yang lemah, atau kiprok yang rusak.
Bohlam yang putus merupakan penyebab paling umum. Seiring usia pakai, filamen di dalam bohlam bisa putus, sehingga lampu tidak dapat menyala.
Aki yang berperan sebagai penyimpan dan pemasok listrik, jika kondisinya lemah, tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk menyalakan lampu.
Kiprok berfungsi mengatur tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul (generator), sebelum dialirkan ke aki. Kiprok yang rusak tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga tegangan yang menuju lampu tidak stabil dan lampu menjadi mati atau redup.
5. Suara Kasar dari Mesin
Suara kasar dari mesin BeAT dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti rantai keteng yang kendur, oli mesin yang kotor, atau piston yang aus.
Rantai keteng berfungsi untuk menghubungkan crankshaft dengan camshaft, rantai keteng yang kendur akan menimbulkan suara gesekan yang kasar. Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen mesin.
Oli mesin yang kotor penuh dengan kotoran dan endapan, sehingga tidak dapat melumasi dengan baik. Akibatnya, terjadi gesekan antar komponen mesin yang menimbulkan suara kasar.
Piston yang aus akibat gesekan dengan dinding silinder selama bertahun-tahun, dapat menyebabkan celah antara piston dan dinding silinder menjadi lebih besar. Celah yang besar ini menghasilkan suara gesekan yang kasar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: