Hindari Kecelakaan Fatal: Kenali Penyebab dan Cara Menghindari Benjolan pada Ban

Hindari Kecelakaan Fatal: Kenali Penyebab dan Cara Menghindari Benjolan pada Ban

Wajib waspada, benjolan pada ban bisa berdampak pada kenyamanan dan keselamatan pengemudi dalam berkendara. --

Sedangkan pengisian angin terlalu berlebihan menyebabkan ban mudah kembung karena tekanan angin di dalam ban terlalu banyak. 

Apalagi jika cuaca panas, bisa-bisa tekanan di dalam ban semakin meningkat sehingga menyebabkan benjolan ban semakin besar. Kondisi ini dapat menyebabkan permukaan ban mudah tertusuk benda tajam yang menyebabkan ban pecah atau bocor.

2. Kerap kali terkena benda tajam

Jalanan yang berlubang atau rusak kerap kali membuat permukaan ban tergores benda tajam seperti serpihan batu kerikil. Kondisi ini dapat menyebabkan permukaan ban menjadi benjol seiring berjalannya waktu.

3. Deformasi ban (perubahan bentuk ban)

Jalanan yang berlubang atau rusak menyebabkan ban mengalami deformasi (perubahan bentuk ban). Deformasi tersebut terjadi akibat permukaan ban terkena benda tajam sehingga menyebabkan permukaan ban menjadi gundul.

4. Suspensi kendaraan mati

Penyebab terakhir, disebabkan oleh suspensi kendaraan yang mati. Seperti diketahui, suspensi merupakan komponen peredam guncangan ketika kendaraan melewati jalanan yang rusak atau berlubang. Apabila komponen ini mati, maka kinerja ban akan menjadi lebih berat karena tekanan yang diterima lebih besar. Hal ini yang bisa menyebabkan benjolan pada ban.

BACA JUGA:Masih Sering Diabaikan, Ini Tekanan Angin Ban Motor yang Ideal dan Aman

BACA JUGA:Simak! Tips Rawat Ban Motor Supaya Tidak Cepat Botak dan Tahan Lama

Cara Menghindari Benjolan pada Ban Mobil

Selain memahami apa saja penyebab benjolan pada ban, kamu juga perlu memberikan perawatan pada ban.

Dengan demikian risiko munculnya benjolan pada ban bisa terhindari dan memperpanjang umur pakai ban. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan:

1. Rutin cek tekanan angin ban

Salah satu cara mudah untuk merawat ban mobil adalah dengan rutin memeriksa tekanan anginnya. Selain memberikan keamanan dan kenyamanan saat mengemudi, memastikan tekanan udara sesuai dengan spesifikasi juga dapat meningkatkan umur ban dan bahkan menghemat konsumsi bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: