16 Cara Membeli Tiket Psawat Terbang dengan Mendapat Harga Murah dan Hemat, Simak Satu per Satu

16 Cara Membeli Tiket Psawat Terbang dengan Mendapat Harga Murah dan Hemat, Simak Satu per Satu

16 Cara membeli Tiket Pesawat dengan harga murah dan Hemat Foto : Radar Tasikmalaya-Disway--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Saat berpergian menggunakan pesawat terbang, hal penting yang diperhatikan ialah menyiapkan tiket terlebih dahulu. Tiket yang dibeli dengan cara online atau offline itu, lebih menyenangkan bila mendapat harga yang murah.

Alhasil karena menemukan tiket berharga murah di aplikasi pembelian tiket online atau secara offline anggarannya atau uang yang disiapkan  menjadi tidak membengkak alias lebih hemat.

Sebelum berhasil menemukan tiket murah melalui aplikasi online kita harus mengetahui tips-tipsnya. Tujuannya agar tiket yang kita beli tidak kemahalan.

Berpergian menggunakan pesawat terbang jadi lebih menyenangkan, karena uang membeli tiket bisa dipakai untuk keperluan lain saat telah tiba di kota tujuan.

BACA JUGA:Tamasya ke Negeri Jiran Cari Tiket Promo Rute Jakarta-Kuala Lumpur, Hanya di Traveloka

BACA JUGA:Libur Telah Tiba! Aplikasi Agoda Berikan Ribuan Daftar Hotel Bertarif Promo! Kuy War Ticket

Berikut 16 tips membeli tiket pesawat secara online dan menemukan harganya terjangkau, alias hemat mengutip dari Kumparan.com yang mengutip buku Super Top No 1 TPA Pascasarjana Versi OTO Bappenas  Dita Puspa Wulandari (2018).

1.           Pilih Maskapai yang tepat.

Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara bahkan dunia, sangat banyak memiliki Maskapai yang memberlakukan tarif murah ke Kota-Kota tujuan.Pengenaan tarif murah tak berarti penumpang diperlakukan asal-asalan, alias mengurangi kualitas pelayanan. Yang ada justru Maskapai tersebut selalu memberikan harga tiket murah, karena telah komitmen perusahaan untuk  melayani penumpang dengan sebaik-baiknya.

    2.           Manfaatkan Promo dan Diskon

Calon penumpang harus gesit dan cepat, mengingat promo dan diskon umumnya berlaku secara terbatas, alias siapa cepat dia dapat. Maskapai –maskapai sering memberi promo serta diskon untuk  menarik minat calon penumpang. Aplikasi pembelian tiket online umumnya banyak sekali memberikan penawaran diskon dan promo berupa potongan harga tiket.

    3.           Beli tiket jauh hari

Tips ini teruji manjur, jika diberlakukan, membeli tiket apalagi untuk  perjalanan yang mau direncanakan, misalnya satu bulan sebelum terbang menggunakan pesawat tiket sudah dibooking. Hal ini membuat harga yang diberikan lebih hemat dan dijamin lebih murah.

   4.           Beli Satu Tiket dalam Satu Waktu

Jika ingin membeli tiket untuk satu rombongan sebaiknya pesan satu per satu saja. Pasalnya jika memesan beberapa tiket, Maskapai penerbangan akan memasukkan seluruh grup ke dalam tarif satu penumpang. Contohnya, ada satu sisa tiket murah seharga Rp 600.000. Jika sedang mencari dua tiket atau lebih sekaligus, Maskapai akan melewatkan satu tiket murah tersebut dan sebagai gantinya hanya menampilkan tarif dengan setidaknya dua kursi tersedia.

   5.           Beli Tiket Saat Tengah Malam

Membeli tiket pesawat tengah malam merupakan tips untuk mendapatkan harga hemat. Pilihlah waktunya di atas pukul 10 malam, biasanya pada waktu tersebut harga tiket turun mencapai 10 persen dari harga yang ditawarkan. Terlebih saat kita membelinya pada akhir pekan yakni hari Sabtu-Minggu.

    6.           Lakukan Perjalanan saat Low Season.

Sudah menjadi hukum alam, saat permintaan tinggi misalnya saat liburan, hari raya keagamaan, harga tiket akan lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, jika akan berpergian menggunakan pesawat terbang, pilih waktu diluar waktu tersebut (Low season) agar mendapatkan harga tiket lebih murah.

7.           Beli tiket selama Prime Booking Window.

Membeli tiket pesawat saat prime booking window merupakan waktu yang tepat, untuk dilakukan beberapa minggu dan bulan sebelum berangkat ketika tarif penerbangan tidak berfluktuasi dan penumpang memiliki banyak pilihan. Jika penerbangan dilakukan saat musim puncak seperti tahun baru, musim liburan sekolah, maka silahkan pertimbangkan memesan tiket sebulan sebelum waktu keberangkatannya tiba.

8.           Periksa rute baru yang ditambahkan Maskapai.

Biasanya ketika Maskapai menawarkan rute baru dalam penerbangannya, harga tiket akan turun sekitar 20 persen untuk semua Maskapai penerbangan yang melewati rute yang sama.

    9.           Melakukan Penerbangan Transit

Melakukan penerbangan transit atau connecting flight dapat memudahkan penumpang untuk mendapatkan harga tiket peswat murah. Tiket transit lebih murah, karena Maskapai mencari calon penumpang melalui proses transit ini agar seluruh maskapai terisi. Contohnya jika ingin melakukan penerbangan dari Tokyo ke Australia calon penumpang bisa melakukan transit ke Kuala Lumpur terlebih dahulu

10.        Manfaatkan kesalahan tiket pesawat

Setiap transaksi dilakukan secara otomatis, termasuk transaksi dalam penjualan tiket penerbangan, terkadang Maskapai penerbangan juga dapat salah, menentukan harga tiket secara tidak sengaja dapat menguntungkan calon penumpang yang beruntung.Hal ini menghasilkan peluang  jangka pendek untuk mendapatkan banyak tiket bagi yang beruntung. Tentu saja kesalahan tiket pesawat bisa jadi sulit untuk dilacak,, namun kuncinya adalah bertindak cepat untuk mendapatkan penghematan.

11.        Gunakan Air Miles

Miles adalah sebutan poin reward yang didapat nasabah kartu kredit jenis travel/ Biasanya Miles dikumpulkan dan tukar untuk  membeli tiket pesawat dari Maskapai penerbanga.Banyak Maskapai pesawat melakukan penjualan tiket pesawat untuk  mendapatkan nilai luar biasa dari perjalanan kita.

12.        Cari tiket pesawat di browser tersembunyi atau Incognito

Situs Web terkadang menunjukkan harga yang lebih tinggi karena persepsi niat membeli kita. Situs Web maskapai penerbangan dari perjalanan melacak cookie dan menaikkan  harga berdasarkan tindakan konsumen di situs tersebut. Kita bisa menggunakan mode Incognito  saat menjelajah tike pesawat saat pemesanan menunjukkan permitaan yang lebih. Namun kita dapat menghindari kenaikan harga dengan membuka situs web di browser penyamaran (pribadi) atau meminjam perangkat orang lain untuk mendapatkan harga penerbangan yang lebih murah

13.        Jangan ketinggalan Flash Sales

Memesan tiket pesawat memang tidak ada hari “termurah”,  beberapa pengecualian seperti Travel Day, Black Friday, dan Cyber Monday mungkin merupakan hari terbaik untuk  mendapatkan penawaran menarik. Calon penumpang mungkin tidak menemukan penawaran perjalanan bagus pada hari selasa, namun mungkin menemukan satu atau dua penawaran pada hari selasa tetentu. Jadi jangan bosan memantau tiket penerbangan

    14.        Gunakan mata uang dengn kurs rendah

Jika memungkinkan lakukan pembayaran dengan mata uang yang lebih murah. Sebagian besar Maskapai penerbangan meminta untuk  melakukan pembayaran dalam mata uang negara tujuan. Saat memesan tiket pesawat coba tips beli tiket pesawat murah dan periksa apakah dapat membayar dengan mata uang lain yang lebih murah.

     15.        Bandingkan Harga Tiket

Selanjutnya bandingkan harga tiket di beberapa situs web dan cari penawaran  yang mereka tawarkan. Selain itu analisis harga selama seminggu dan lakukan pembayaran akhir ketika sudah yakin mendapatkan penawaran terbaik

16.        Atur pelacakan Harga

 Pesan tiket penerbangan adalah soal waktu dan pelacakan  tarif-tarif maskapai, penerbangan dengan dapat berfluktuasi sebanyak 50 persen setiap hari dan jarang berada pada titik terendah dalam jangka waktu lama.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: