Manfaat Luar Biasa Kopi yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Stroke

Manfaat Luar Biasa Kopi yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Stroke

Ilustrasi kopi hitam yang baik untuk kesehatan.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Siapa yang tidak mengenal minuman satu ini, jenis minuman kopi yang sudah banyak penikmatnya ini makin nikmat kalau dinikmati dengan berbagai makanan seperti roti, bisa juga menjadi lebih lengkap sambil membaca buku atau ngobrol dengan teman.

Di Indonesia sendiri sudah banyak kedai kopi yang sangat digandrungi para pecintanya, di coffeshop banyak jenis beragam olahan kopi nikmat. Dalam kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan. 

Jenis kopi yang biasa dikenal oleh banyak orang yaitu kopi robusta dan kopi arabika, namun bagi kamu yang memiliki beberapa kondisi kesehatan yang sensitif dengan minum kopi sebaiknya dikonsumsi sewajarnya saja.

Taukah kamu bahwa sudah banyak penelitian yang mengungkapkan kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Yuk simak berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:

1. Mampu menurunkan berat badan

Manfaat kopi yang pertama yaitu bisa menurunkan berat badan, hal itu berdasarkan studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badannya, mereka banyak yang mengonsumsi kopi daripada seseorang yang tidan minum kopi. Sebab di beberapa suplemen pembakar lemak ditemukan kandungan kafein di dalamnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

2.  Mencegah kanker

Kopi juga bisa mencegah sakit kanker, hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan di Amerika Serikat (AS), kopi terbukti dapat melawan kanker, terutama kanker kulit karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Hal itu terbukti bahwa wanita yang konsumsi kopi lebih dari satu kali dalam sehari bisa mencegah terjadinya kanker kulit, kanker payudara dan juga endometrium. Selain kanker kulit, kopi juga efektif menurunkan risiko kanker payudara dan endometrium pada wanita.

3. Mampu mengurangi depresi

Perempuan sangat rentan terserang depresi, dengan konsumsi kopi akan membantu membuat depresi menjadi lebih rendah karena terdapat kandungan kafein. Kafein yang memiliki zat antioksidan bisa membuat efek rileks, ini merupakan cara alami untuk membantu mengurangi depresi. Menurut penelitian dari Universitas Harvard, AS, wanita yang minum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari punya peluang 20 persen lebih rendah untuk terkena depresi.

4. Mencegah sakit kepala

Manfaat kopi untuk wanita yang terakhir yaitu bisa mencegah sakit kepala akibat migrain, peneliti Dr.Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic, AS yang dikutip oleh buku Khasiat Bombastis Kopi, menjelaskan bahwa senyawa kafein dapat menghilangkan rasa lelah, kantuk, dan ketegangan otot. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memiliki kekuatan 30 menit lebih cepat dalam meredakan sakit kepala dibandinglan ibuprofin. Namun tidak konsumsi kopi secara belebihan, cukup 1 atau 2 gelas saja sehari dan pakai jenis gula dengan kandungan gula yang rendah kalori supaya kadar gula dalam tubuh tetap stabil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: