8 Manfaat Mandi Subuh untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Mandi Subuh untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Perlu Diketahui

Ilustrasi mandi pagi.--Freepik

Meningkatkan Mood Positif

Mandi di pagi hari dapat membantu meningkatkan mood positif. Menurut penelitian, mandi air dingin di pagi hari membantu meningkatkan sistem saraf pusat dan menstimulasi kelenjar adrenal. Dengan meluangkan waktu setiap pagi untuk menenangkan diri saat mandi, kamu bisa mendapatkan suasana hati yang lebih positif. Pola pikir terhadap tugas yang harus dikerjakan akan dirasakan dengan pandangan positif.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Mandi subuh dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Sensasi air yang dingin dapat memberikan efek menyegarkan pada tubuh dan pikiran, meningkatkan mood, serta meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sepanjang hari.

BACA JUGA:

Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Bagi pasangan yang ingin mendapat keturunan, ada baiknya sang suami sering mandi pagi untuk mendapat potensi efek positif dalam hal ini. Mengutip laman Big Bathroom Shop, air dingin sendiri bisa memicu testosteron. Penelitian juga menunjukkan bahwa produksi sperma meningkat secara dramatis setelah mandi air dingin di pagi hari selama seminggu.

Meningkatkan Sel Darah Putih

Manfaat mandi apagi sebelum matahari terbit dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang erat kaitannya dengan penguatan sistem kekebalan tubuh. Ia menjelaskan, saat produksi sel darah putih dalam tubuh meningkat, daya tahan tubuh terhadap virus pun meningkat. Manfaat mandi pagi ini akan membuat tubuh lebih baik dan terhindar dari penyakit, karena daya tahan tubuh dalam keadaan baik.

Kesiapan Mental Optimal

Guyuran air, khususnya pada suhu yang lebih dingin, memberikan efek menyegarkan yang langsung terasa pada tubuh dan pikiran. Sensasi ini membantu ‘membangunkan’ sistem saraf otonom, mempersiapkan mental untuk transisi dari kondisi rileks saat tidur menuju kondisi siaga dan fokus.

Nah itulah, beberapa manfaat dari mandi subuh yang perlu diketahui untuk kesehatan mental dan fisik. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: