7 Manfaat Membaca Novel Fiksi untuk Kesehatan Pola Pikir Serta Menjadikan Kreatif dan Bahagia

7 Manfaat Membaca Novel Fiksi untuk Kesehatan Pola Pikir Serta Menjadikan Kreatif dan Bahagia

Manfaat membaca buku fiksi--unsplash.com/NathanAguirre

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Membaca novel fiksi untuk sebagian orang mungkin akan membuang-buang waktu, dianggap remeh dan tidak bermanfaat. Secara harfiah, buku fiksi dapat diartikan sebagai buku yang berisi cerita rekaan, khayalan, atau imajinasi yang tidak berdasarkan pada kenyataan. 

Bacaan fiksi yang berupa cerita pendek, novel, dan sebagainya ini mempunyai kelebihan dalam membangkitkan imajinasi, perasaan, serta emosi pembacanya. Membaca buku fiksi mengajak kita berpetualang dalam dunia khayalan yang penuh dengan pelajaran hidup. 

Selain itu, genre ini juga menjadi cara yang ampuh untuk memahami orang lain, memanfaatkan kreativitas, dan melatih otak serta pola pikir kita. Membaca fiksi tidak hanya sekedar untuk hiburan apalagi buang-buang waktu. 

Meski bukan tulisan yang disajikan berdasarkan fakta, justru karakteristiknya sebagai karya khayalan inilah yang menjadikan bacaan fiksi kaya akan manfaat. Apa saja manfaat membaca fiksi? Yuk, simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

BACA JUGA:

Meningkatkan kreativitas

Imajinasi tumbuh subur dari seni. Buku fiksi merupakan salah satu contoh seni yang menakjubkan karena memberikan kita ruang untuk berinterpretasi. Ibaratnya, buku fiksi bagaikan penunjuk arah dan kita yang menciptakan jalannya. Dengan kreativitas yang luas, kita akan menemukan ide-ide baru tanpa batas.

Membantu melepaskan stres 

Penelitian University of Sussex menunjukkan, membaca adalah cara paling efektif untuk mengatasi stres, mengalahkan metode lain seperti mendengarkan musik atau berjalan-jalan. Sementara media The New Yorker menyatakan, membaca fiksi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan istirahat untuk melepaskan rasa lelah. Membaca terbukti menempatkan otak kita ke dalam keadaan seperti trans yang menyenangkan, mirip dengan meditasi. Hal itu memberikan manfaat kesehatan yang sama dari relaksasi yang mendalam dan ketenangan batin. Orang yang terbiasa membaca dapat tidur lebih nyenyak, memiliki tingkat stres yang lebih rendah, harga diri yang lebih tinggi, dan tingkat depresi yang lebih rendah.

Memperkaya kosakata

Pernahkah Anda mendengar fabel atau cerita mengenai kehidupan binatang ketika masih kecil?  Tak hanya bagi orang dewasa, terdapat pula manfaat membaca buku untuk anak, yakni dengan memperkaya kosakata alias perbendaharaan kata. Anak-anak dengan kosakata yang lebih kaya ini diketahui punya kesempatan dalam mendapat hasil tes yang memuaskan dan peluang kerja lebih baik pada kemudian hari.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Tidak seperti postingan blog dan artikel baru di laman website, duduk dan membaca buku fiksi membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih. Hal ini juga tentu tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kabar bahagianya, fokus sepenuhnya membaca buku akan membuatmu terisolasi sementara dengan dunia luar. Dirimu akan terhanyut dalam untaian kata dan akan meningkatkan fokusmu.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: