Bantu Atasi Masalah Pernapasan dan Batu Ginjal, Inilah Sederet Khasiat Daun Kumis Kucing yang Perlu Diketahui!

Bantu Atasi Masalah Pernapasan dan Batu Ginjal, Inilah Sederet Khasiat Daun Kumis Kucing yang Perlu Diketahui!

Manfaat tnaman kumis kucing untuk kesehatan.--instagram.com/berbagai sumber

Ekstrak daun dan batang dari tanaman ini dapat mengatasi batu ginjal. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada dapat mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, daun kumis kucing saat diolah menjadi teh memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi alami, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Alhasil, batu ginjal dapat menghilang. Bukan hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan glikosida Orthosiphonin, yang mampu menjaga kesehatan ginjal dalam melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat. Dengan begitu, batu ginjal dapat diatasi dan juga dicegah untuk kambuh.

BACA JUGA:

Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium dalam kumis kucing tidak hanya baik untuk menurunkan kadar asam urat, tetapi juga dapat mendukung kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit, yang penting untuk fungsi jantung yang optimal.

Obat Asam Urat

Xantin oksidase berperan dalam pembentukan asam urat di tubuh. Semakin tinggi enzim ini maka kadar asam urat yang akan dihasilkan juga kian tinggi. Penelitian 2008 oleh IPB menunjukkan bahwa kumis kucing memiliki efek penghambatan terhadap aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50 persen. Sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk bantu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh.

Bertindak Sebagai Detox

Manfaat daun kumis kucing juga dikenal untuk membersihkan tubuh dari racun ataupun benda asing. Masyarakat Jawa sering mengonsumsi ramuan daun kumis kucing untuk detoksifikasi tubuh. Senyawa dalam khasiat daun kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu membersihkan tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan bahan asing.

Mengatasi Masalah Menstruasi

Perempuan yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari kumis kucing. Rutin mengonsumsi ekstrak kumis kucing diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin sehingga bisa mengurangi nyeri menstruasi dan pendarahan berlebih saat menstruasi (menorrhagia).

Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing untuk Obat

Bagian dari tanaman kumis kucing yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daunnya, baik dalam kondisi segar maupun kering. Selain itu, bagian lain dari tanaman ini juga dapat dijadikan obat.

Dikutip catatan detikHealth, sekitar 4-5 lembar daun kumis kucing segar bisa direbus dengan segelas air hingga mendidih. Air rebusannya kemudian dapat diminum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: