Jangan Sedih Jika Gagal Lolos UTBK SNBT, Masih Bisa Gunakan Jalur Ini, Yang Lulus Juga Boleh Ikutan

Jangan Sedih Jika Gagal Lolos UTBK SNBT, Masih Bisa Gunakan Jalur Ini, Yang Lulus Juga Boleh Ikutan

Jangan sedih jika gagal lolos UTBK SNBT 2024--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah diumumkan.

Banyak yang bersuka cita lulus UTBK-SNBT 2024, namun tidak sedikit pula yang sedih karena gagal.

Bagi yang tak lulus atau pun yang lolos UTBK-SNBT 2024 tapi masih ingin mencari kampus pilihan, bisa mengikuti jalur ini.

Jalur Mandiri akan dibuka oleh masing-masing kampus.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D mengungkapkan bahwa mereka masih bisa mendaftar melalui jalur Mandiri selama belum melakukan daftar ulang.

"Kalau dia tidak mendaftar ulang berarti dia dianggap mengundurkan diri. Boleh dia mendaftar kemana saja, (melalui jalur) Mandiri," ujarnya.

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, bahwa hal ini hanya bisa dilakukan apabila siswa tersebut tidak melakukan daftar ulang.

"Yang lolos UTBK dia mendaftar ulang itu tidak boleh. Maka itu tadi dibatasi sampai 30 Juni yang diumumkan ini, dia sudah harus mendaftar ulang," tandasnya.

Menurutnya, hal ini menjadi hak bagi para peserta yang masih ingin mendapatkan prodi yang sesuai dengan passionnya.

"Jadi bisa saja dia lulus (UTBK-SNBT) dari Farmasi di UGM, tapi karena minatnya di Kedokteran bisa saja dia tidak ambil, dia tidak daftar ulang," ujarnya.

"Sebenarnya dulu harapan kita seperti itu (lulus SNBT dilarang ikut Mandiri). Tapi banyak juga kita mempertimbangkan passion daripada siswa-siswa ini.

Karena ini jalur tes, memang kemampuannya," terangnya.

Ia pun membandingkan jalur SNBT ini dengan jalur SNBP yang menggunakan jalur rapor, di mana peserta wajib menerima hasil apabila diterima dan dilarang ikut di jalur berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: