6 Manfaat Asam Kandis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui!

6 Manfaat Asam Kandis untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Ilustrasi asam kandis yang baik untuk kesehatan.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Asam kandis memiliki nama latin Garcinia atrovorodos dari famili Clusicae. Tanaman ini tersebar hampir di seluruh kepulauan di Indonesia. Berupa pohon setinggi 17-20 m, batangnya bulat diameter 25-50 cm. Kulit pohon berwarna hitam berbercak putih. 

Memiliki akar papan, daunnya tunggal berbentuk lonjong. Buah kandis termasuk keluarga manggis, berbentuk seperti buah jeruk, bulat dengan ujung meruncing. Kulit buahnya yang muda berwarna hijau, setelah tua menjadi kuning.

Tumbuhan ini menyukai naungan dan suasana lembap. Pembungaan biasanya setelah masa kering yang cukup panjang (minimal tiga bulan) dan bisa berbunga dua kali setahun.

Buah asam kandis mengandung senyawa polifenol dan flavonoid, yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dan jaringan pada tubuh, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:

Namun, ternyata banyak yang belum tahu bahwa asam kandis menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan, yuk simak ulasan dibawah ini!

Mencegah Infeksi Dan Radang

Selain penyakit degeneratif, infeksi dan radang juga merupakan sesuatu yang menakutkan bagi kita karena keduanya bisa bersifat fatal jika tidak cepat ditangani. Tetapi kita bisa lho menggunakan asam kandis untuk mencegahnya atau meredakan gejalanya. Kandungan nutrisi pada asam kandis ternyata juga bisa melawan bakteri penyebab radang dan infeksi.

Menjaga Imunitas Tubuh

Sebagai salah satu buah asam, pastinya asam kandis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah vitamin C ini berperan sebagai zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas agar kita tidak terkena penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu, vitamin C juga baik loh untuk kulit kita.

Mencegah Diabetes

Asam kandis yang tidak mengandung gula sangat ampuh menurunkan kadar gula darah dan menjaga insulin tubuh sehingga sangat aman dijadikan minuman seduh hangat bagi penderita diabetes bahkan bisa mencegah diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam penelitian sebelumnya, asam kandis mengandung senyawa xanthon, benzophenone, flavonoid, isocoumarin dan depsidone yang kesemuanya merupakan komponen obat yang mampu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaha kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: