Waspada Jika Pinggang Sebelah Kanan Sakit, Bisa Jadi Tanda Penyakit ini!

Waspada Jika Pinggang Sebelah Kanan Sakit, Bisa Jadi Tanda Penyakit ini!

Ilustrasi sakit pinggang.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sakit pinggang sebelah kanan merupakan keluhan yang sangat umum dan sering dialami oleh setiap orang, terutama orang tua atau lanjut usia. Rasa nyeri ini disebabkan oleh ketegangan otot atau masalah saraf yang berasal dari tulang belakang. 

Selain itu rasa sakit juga mungkin disebabkan oleh suatu kondisi yang mempengaruhi slaah satu organ kamu. Penting untuk mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kanan karena umumnya salah satu gejala penyakit kronis yang menyerang organ dan perlu diperhatikan adalah rasa sakit tidak tertahan di bagian pinggang. 

Hal ini karena sebagian organ terletak di tubuh dapat memicu rasa sakit yang menjalar ke punggung bagian bawah dan menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa organ ini diantaranya ada ginjal, ovarium, usus, dan hati. 

Sakit pinggang di sebelah kanan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang ringan hingga serius. Di antaranya meliputi:

BACA JUGA:

Masalah ginjal

Ginjal berada di sebelah kanan dan kiri pinggang bagian bawah. Namun seringnya masalah ginjal terasa di salah satunya saja. Karena itu, sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi menandakan masalah pada ginjal, seperti infeksi atau batu ginjal.

Masalah otot punggung atau tulang belakang

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang pertama adalah adanya masalah otot punga tau tulang punggung yang terjadi akibat aktivitas sehari-hari. Seperti peregangan berlebihan yang menyebabkan robeknya pada ligament, degenerasi cakram tulang belakang karena penuaan atau karena otot yang tegang karena postur tubuh yang tidak tepat.

Untuk mengatasinya diberlakukan perawatan yang bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi sakit punggung yang dialami. Biasanya untuk awal akan disarankan untuk pilihan konservatif seperti terapi fisik atau obat-obatan untuk mengurangi peradangan. Namun jika metode pengobatan konservatif tidak membantu dan kondisi makin parah, dokter mungkin merekomendasikan operasi.

Keseleo

Keseleo merupakan penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang paling sering terjadi. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, otot yang tegang dan keseleo adalah penyebab utama dari nyeri punggung akut.

Kehamilan ektopik

Khusus bagi perempuan, ada kemungkinan sakit pinggang sebelah kanan adalah tanda terjadinya kehamilan ektopik alias kehamilan di luar kandungan. Normalnya, kehamilan terjadi di dalam rahim. Tapi karena ada masalah tertentu, sel telur mungkin justru menempel di luar rahim sehingga menimbulkan nyeri pinggang yang dahsyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: