Penting! Jenis Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Menjelang Usia 40 Tahun, Apa Saja Sih?

Penting! Jenis Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Menjelang Usia 40 Tahun, Apa Saja Sih?

Ilustrasi Kesehatan.--unsplash.com

Tes Kadar Zat Besi

Rasa lelah tak bisa begitu saja dikaitkan dengan pertambahan usia. Mungkin kondisi fisik tak sebagus usia 30-an, tapi pertimbangkan untuk cek kadar zat besi dalam darah. Kenapa? Kekurangan zat besi mengakibatkan anemia. Anemia yang tidak ditangani bisa mengarah pada komplikasi seperti peningkatan risiko infeksi.

"Jika ternyata Anda kekurangan zat besi, dokter mungkin merekomendasikan tablet zat besi setiap hari. Anda juga bisa mengonsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi, seperti daging merah atau bayam untuk membantu meningkatkan kadar zat besi," ucap Jutla.

Tes Kecukupan Gizi

Ada tes darah sederhana yang bisa memeriksa kadar vitamin dan mineral Anda. Orang disarankan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Tes ini menunjukkan apa Anda sudah melakukannya atau belum. Setelah mengetahui kekurangan nutrisi tertentu, dokter akan menyarankan untuk menambah pangan atau konsumsi suplemen untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait jenis tes kesehatan yang penting dilakukan menjelang usia 40 tahun ke atas. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: