Sering Diabaikan, Ini 3 Risiko Mematikan Mesin Motor Matic dengan Standar Samping

Sering Diabaikan, Ini 3 Risiko Mematikan Mesin Motor Matic dengan Standar Samping

Sering Diabaikan, Ini 3 Risiko Mematikan Mesin Motor Matic dengan Standar Samping--Honda Community

Dengan begitu, pengguna bisa berkendara dengan lebih aman, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Risiko Memanfaatkan Side Stand Switch untuk mematikan Motor

Meski motor bisa mati secara otomatis, namun pemanfaatan fungsi standar samping. Ada berbagai risiko yang bisa terjadi jika Anda tidak mengetahui dengan baik cara kerja dari fitur ini.

Berikut adalah berbagai risiko yang bisa timbul ketika Anda mematikan mesin motor dengan menggunakan Side Stand Switch atau standar samping: 

1. Kelistrikan Tetap Menyala

Hal yang penting untuk Anda ketahui adalah cara kerja standar motor yang salah satu fungsinya bisa mematikan motor. Ketika Anda menurunkan standar samping, maka motor Anda akan mati secara otomatis tanpa harus menggunakan kunci motor.

Namun, hal yang perlu Anda pahami adalah hal tersebut hanya mematikan bagian mesin motor saja, tidak otomatis ikut mematikan sistem kelistrikannya.

Padahal, ada banyak sistem kelistrikan di dalam motor yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya, termasuk dalam mematikannya jika tidak diperlukan.

BACA JUGA:Membeli Motor Bekas: Panduan Supaya Tak Boncos

BACA JUGA:Penggolongan SIM C untuk Kendaraan Bermotor Siap Diterapkan, Pahami Syarat dan Ketentuannya

2. Bisa Membuat Aki Soak

Jika Anda mematikan mesin motor dengan menggunakan standar samping tanpa mematikan motor dengan menggunakan kunci, maka bisa memicu aki motor menjadi soak.

Pastinya, hal ini sangat tidak baik untuk kendaraan Anda. Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi motor, jangan lupa untuk mematikan sistem kelistrikan motor.

Dengan begitu, performa motor Anda akan tetap terjaga dengan baik. Aki motor juga bisa terjaga kondisinya, sehingga fungsinya bisa berjalan dengan optimal.

3. Berisiko Pencurian Motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: