Ada Orang Sakti yang Tidak Butuh Paspor Ketika pergi ke Luar Negeri, Kamu Harus Paham!

Ada Orang Sakti yang Tidak Butuh Paspor Ketika pergi ke Luar Negeri, Kamu Harus Paham!

Siapa orang yang tidak butuh paspor?--

Saat bepergian ke negara lain, hal yang paling penting untuk dibawa adalah paspor. Namun, ada tiga orang di dunia ini yang tidak membutuhkan paspor ke mana pun mereka ingin bepergian.

Menurut penulis "The Cosmopolites: The Coming of the Global Citizen" Atossa Araxia Abrahamian, "Paspor adalah semacam perisai ketika Anda adalah warga negara demokrasi yang kaya."

Mereka tidak memerlukan paspor untuk keliling dunia, yakni 

Raja Inggris Charles III, 

Kaisar Jepang Naruhito, dan Permaisuri Masako. 

1. Inggris

Sebelum Raja Charles III, hak istimewa ini dipegang oleh Ratu Elizabeth II.

Tidak seperti anggota keluarga Kerajaan lainnya, sebuah dokumen, alih-alih paspor, dikeluarkan atas nama Raja (atau Ratu) Inggris Raya. Di dalamnya menyatakan, "Sekretaris Negara Yang Mulia Inggris meminta dan membutuhkan atas nama Yang Mulia semua orang yang mungkin berkepentingan untuk mengizinkan pembawa untuk lewat dengan bebas tanpa hambatan atau halangan dan untuk memberi pembawa bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan."

2. Jepang

Dalam kasus Jepang, dokumen kementerian pada 10 Mei 1971 menginformasikan bahwa akan sangat tidak pantas mengeluarkan paspor untuk Kaisar Jepang atau Permaisuri. Dokumen tersebut juga menambahkan bahwa sangat tidak pantas bagi Kaisar untuk menjalani prosedur imigrasi atau visa menggunakan paspor sebagai warga negara biasa. Namun, menurut laporan, istri Raja Charles, Ratu Camilla, tidak memiliki hak yang sama dan diharuskan memiliki paspor diplomatik.

 

Perbedaan Jepang dan Inggris

1. Kaisar Jepang

Dalam kasus Jepang, paspor diplomatik dikeluarkan untuk anggota keluarga Kekaisaran lainnya, termasuk putra mahkota dan putri. Untuk Kaisar dan Permaisuri Jepang, mereka diharuskan hanya menunjukkan dokumen kementerian pada saat kedatangan di negara mana pun. Kementerian Luar Negeri Jepang memberi tahu negara jauh sebelumnya tentang kedatangan Kaisar dan Permaisuri.

Sementara, Jepang memegang gelar paspor terkuat di dunia selama lima tahun berturut-turut. Namun, Negeri Sakura harus digeser oleh Singapura pada musim panas 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: