Selain Hari Media Sosial Sedunia, 10 Juni Memperingati Hari Apa Saja Sih? Simak Selengkapnya di Sini!

Selain Hari Media Sosial Sedunia, 10 Juni Memperingati Hari Apa Saja Sih? Simak Selengkapnya di Sini!

Dampak negatif media sosial bagi pelajar.--unsplash.com

Menurut sebuah laporan pada tahun 1933 di Inggris, semua rumah di banyak daerah memiliki kutu busuk sampai tingkat tertentu. Peningkatan populasi kutu busuk ini sebagian besar disebabkan oleh penggunaan pemanas listrik, yang memungkinkan mereka berkembang sepanjang tahun, bukan hanya pada cuaca hangat. Penurunan jumlah kutu busuk pada abad ke-20 sering kali dianggap karena adanya pestisida yang efektif.

Hari EHS

Di Amerika, tanggal 10 Juni diperingati sebagai Hari EHS. EHS merupakan singkatan dari Electromagnetic Hypersensitivity Syndrome (E.H.S.). Dilansir dari situs National Today, EHS adalah kondisi di mana seseorang menjadi lebih sensitif terhadap lingkungan listrik, seperti perangkat seluler, Wifi, dan barang elektronik lainnya. Sensitivitas ini akan bertambah buruk ketika penderitanya semakin banyak menggunakan perangkat elektronik.

Namun, hanya ada sedikit penelitian yang dilakukan terhadap gejala dan efek sindrom ini. Sehingga sindrom ini tidak diklasifikasikan sebagai kondisi yang dapat didiagnosis secara medis. Untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit yang tidak banyak diketahui ini, dicetuskanlah Hari EHS. Peringatan ini didirikan oleh perusahaan Defender Shield pada tahun 2020.

BACA JUGA:

Hari Portugal

Tanggal 10 Juni diperingati sebagai Hari Portugal di negara Portugal. Tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari libur. Dilansir dari laman National Today, Hari Portugal biasanya disebut 'Dia de Portugal, de Camões e das Comunidades Portuguesas,' yang diterjemahkan menjadi 'Hari Portugal, Camões, dan Komunitas Portugis'. Peringatan tersebut dimaksudkan untuk mengenang kematian Luís de Camões yang merupakan ikon nasional di Portugal.

Camões paling dikenal karena puisinya yang menceritakan kisah penjelajahan Portugis pada abad ke-15 dan sejak itu diterima sebagai puisi nasional di Portugal. Puisi-puisinya bahkan dianggap sebagai lambang kebangsaan Portugal dan digunakan sebagai simbol oleh rakyatnya selama masa pemerintahan otoriter abad ke-20. Namun, karena tanggal lahirnya tidak pasti, maka tanggal kematiannya, yakni 10 Juni 1580, diperingati sebagai Hari Nasional Portugal. Hari Portugal telah dirayakan sejak diresmikan pada tahun 1944 oleh Perdana Menteri António de Oliveira Salazar.

Hari Bakcang

Hari Bakcang atau juga disebut Hari Peh Cun adalah salah satu tradisi penting yang diperingati oleh etnis Tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Momen tersebut diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Lunar yang tahun ini bertepatan pada tanggal 10 Juni 2024.

Dilansir dari laman resmi Binus University, tradisi Hari Bakcang diadakan untung mengenang jasa Qu Yuan (340 SM-278S M) yang merupakan tokoh sejarah patriotik menteri negara Chu demi melawan agresi negara Qin. Tradisi Bakcang ini sudah ada sejak zaman Qun Chiu (722 SM - 481 SM).

Masyarakat etnis Tionghoa biasanya melakukan kegiatan untuk merayakan tradisi Hari Bakcang, yaitu lomba perahu naga, menggantungkan rumput ai dan changpu, makan bakcang, dan lainnya.

Nah, itulah sederet momen penting perayaan di berbagai belahan dunia yang jatuh tepat pada hari Senin, tanggal 10 Juni 2024. Semoga menambah wawasan, terimakasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: