7 Amalan Sunnah Sambut Idul Adha 2024 dengan Penuh Makna, Merangkai Keberkahan dan Ketakwaan

7 Amalan Sunnah Sambut Idul Adha 2024 dengan Penuh Makna, Merangkai Keberkahan dan Ketakwaan

Amalan sunnah sambut Idul Adha 2024--Foto: Getty Images/iStockphoto/Sensvector

Sunnah ini mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, yang menjadi panduan bagi umat Islam dalam merayakan kedua hari raya tersebut.

"Diriwayatkan dari 'Adullah Ibnu Buraidah dari ayahnya [yaitu Buraidah Ibnu al-Husaib] ia berkata: Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sampai sholat lebih dahulu." (HR. at-Tirmidzi)

7. Berkurban

Penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari tasyrik bulan Dzulhijjah, yang jatuh pada Hari Raya Idul Adha. Sunnah berkurban pada Idul Adha dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim: 

"Rasulullah beribadah kurban 2 ekor domba warna putih bersih dan bertanduk bagus. Aku melihat Rasul meletakkan kakinya ke atas sisi tanduk (kanan) hewan kurban itu sambil menyebut nama Allah dan bertakbir. Rasulullah menyembelih kedua hewan kurban itu dengan tangannya sendiri."

Demikianlah informasi mengenai amalan-amalan sunnah menyambut Idul Adha sebagai langkah untuk menyempurnakan ibadah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: