Tanggal 7 Juni Memperingati Hari Apa? Simak Selengkapnya Disini

Tanggal 7 Juni Memperingati Hari Apa? Simak Selengkapnya Disini

Ilustrasi kalender Juni 2024.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tepat di tanggal 7 Juni 2024 jatuh pada hari ini Jumat, tanggal ini diperingati sebagai Hari Peduli Sedunia. Sedikitnya ada beberapa momen penting yang terjadi di berbagai belahan dunia pada hari ini. 

Mulai dari Hari Peduli Sedunia, Hari Keamanan Pangan Sedunia hingga Hari Raya Hati Yesus Mahakudus. Meski demikian, ketiga peringatan di atas bukan merupakan libur nasional. Berikut serba-serbi peringatan pada tanggal 7 Juni.

Hari Keamanan Pangan Sedunia 

Diperingati setiap tahun pada 7 Juni, untuj melindungi pangan dengan segala cara. Hari Keamanan Pangan Sedunia ditetapkan oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran akan langkah-langkah keamanan pangan dan difasilitasi oleh WHO dan FAO. Hari ini mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya etika dan keamanan pangan di semua tahap rantai makanan.

BACA JUGA:

Sebelum makanan sampai ke toko, restoran, dan bahkan ke mulut konsumen, makanan tersebut melalui rantai panjang distribusi yang dikelola oleh orang-orang yang menangani proses seperti pemanenan, pemrosesan, penyimpanan, distribusi, dan persiapan. Oleh karena itu, hari raya ini penting karena dalam rantai panjang konsumsi pangan terdapat beberapa kemungkinan terjadinya kontaminasi pangan.

Hari Peduli Sedunia 

Tanggal 7 Juni 2024 ada peringatan global bernama Hari Peduli Sedunia atau World Caring Day.  Hari ini didedikasikan agar banyak orang mengingat rasa kepedulian terhadap sesama mahluk hidup. Hal ini karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial. Awal mula hari ini dilatarbelakangi di tahun 1997.

Kala itu seorang bayi prematur bernama Brighid. Banyak orang yang peduli hingga akhirnya seseorang membuat situs web bernama CaringBridge pada 7 Juni 1997.

Situs ini dibuat untuk terus memperbarui kesehatan bayi kepada teman dan keluarga. Lambat laun CaringBridge kemudian berubah menjadi sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk menghubungkan keluarga dan teman dengan orang yang mereka cintai selama melalukan perawatan kesehatan.

Akhirnya situs tersebut kini menjadi situs yang bisa membuat siapa saja membagikan kisah kehidupan untuk mengundang kepedulian orang lain.

BACA JUGA:

Hari Raya Hati Yesus Mahakudus

Pada tanggal 7 Juni, umat Katolik memperingati Hari Raya Hati Yesus Mahakudus. Pada peringatan ini, umat Katolik memperingatinya dengan cara misa ke gereja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: