12 Jenis Minuman Tradisional Bali, Rasanya Enak dan Menyegarkan Cocok untuk Musim Panas Seperti Sekarang

12 Jenis Minuman Tradisional Bali, Rasanya Enak dan Menyegarkan Cocok untuk Musim Panas Seperti Sekarang

Bali sangat banyak memiliki minuman khas atau tradisional satu diantaranya adalah Es Kuwut Foto : Orami --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Pulau Dewata Bali tidak saja terkenal dari segi keindahan serta kuliner-kulinernya yang enak. Bali juga terkenal memiliki minuman tradisional atau minuman khas Bali yang nikmat rasanya.

Minuman tradisional atau minuman khas Bali banyak sekali jenis dan ragamnya. Semuanya segar apalagi saat cuaca sedang panas-panas seperti sekarang ini.

Sederet minuman khas Bali dapat dijadikan pilihan untuk  mengusir penat, menghilangkan rasa haus dan memunculkan rasa segar kembali.

Berikut 12 minuman khas Bali yang terkenal akan rasanya yang enak dan nikmat

1. Es Bir

Es Bir adalah minuman yang dibuat dengan menggunakan bahan campuran Kelapa Muda dan Perasan jeruk nipis. Berbeda dengan Bir pada umumnya, es Bir khas Bali tidak mengandung alkohol, alias halal diminum. Paduan Kelapa muda dan jeruk nipis itu, menghasilkan rasa manis, asam segar yang unik. Cocok sekali saat cuaca sedang seperti sekarang ini.

BACA JUGA:

 2. Es Tambring

Es tambring minuman dengan bahan dasar serutan Kelapa muda,dan dikombinasikan dengan rasa asam jawa. Perpaduannya menghasilkan rasa manis dan gurih, membuat rasanya semakin khas adalah campuran putih telur.

 3.  Es Daluman

Es Daluman atau es cincau hijau, namun di Bali berbeda dengan daerah lain, pada kuah santannya. Es daluman terbuat dari daun daluman dan daun cincau dicampur dengan kuah santan dari kelapa bakar. Tidak heran kalau ada jejak gosong harum pada es ini.

 4. Loloh Cemcem

Ini adalah minuman khas dari Desa Penglipuran, sebuah desa terkenal di Bali. Loloh dalam Bahasa Bali artinya jamu. Loloh Cemcem terbuat dari buah asam daun cemcem, serta campuran gula dan garam. Rasanya unik antara asam, manis dan asin, karena dibuat dari daun dan rempah. Loloh Cencem banyak mengandung khasiat untuk kesehatan.

 5. Brem

Brem adalah minuman fermentasi, terbuat dari campuran ketan hitam dan putih, memakai ragi serta mengandung alkohol 3-5 persen. Minuman ini dulunya dipakai untuk upacara umat Hindu di Bali, utamanya Upacara Tabuh Rah. Namun sekarang banyak diminum kegiatan sehari-hari dan menjadi suguhan menarik buat wisatawan.

BACA JUGA:

 6. Kopi Bali

Kopi Bali dikenal juga sebagai minuman Kintamani di kaki Gunung Batur. Kopi Bali dari jenis Arabika dengan citra rasa unik antara manis, harum seperti coklat dan buah dengan tingkat keasamannya rendah.

 7. Es Waneng

Es Waneng merupakan minuman khas Bali terbuat dari santan. Santan yang digunakan harus dibakar lebih dulu, mirip seperti es daluman. Santan lalu dicampur gula pasir dan es balok yang dipecah kecil-kecil. Es ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak 1938 dirintis dari almarhum I Nengah Waneng dari situlah nama es berasal

 8. Es Ancruk

Es ini perpaduan antara Kolak pisang, bubur ketan atau injin, bubur sumsum, bubur sagu mutiara, agar-agar, kolang-kaling, santan kelapa dan es serut. Bahan utamanya adalah Ancruk atau candil yang mirip Jenang di Jawa. Isinya ramai dan meriah membuat es ancruk menjadi santapan favorit saat Bulan Ramadan.

 9. Es Gula Kintamani

Es Gula kimtamani adalah es kekinian di Bali. Diberi campuran sirup dari gula yang dicairkan serta es batu. Warnanya menarik dan mudah ditemui di rumah-rumah makan di Bali

 10.  Arak Bali

Masih mirip Tuak, bahannya sama dari sadapan air bunga tanaman pohon aren atau lontar. Kualitas arak sendiri sangat dipengaruhi oleh cuaca dan lebih bagus jika cuacanya panas, atau saat musim kemarau.

11.  Tuak Manis

Minuman ini masih termasuk tuak, tapi berbeda dengan tuak lain,. Tidak mengandung alkohol  atau kadarnya hanya sedikit. Kadar alkohol pada tuak ini direndam dengan tambahan pengawet  alami seperti cuka. Sesuai namanya rasanya tuak ini rasanya manis dan agak sepet, terbuat dari sadapAn air bunga pohon lontar atau  ental.

 12.  Es Kuwut

Es Kuwut olahan minuman berbahan air kelapa muda, . Keunikan minuman ini perpaduan antara air kelapa muda dan air jeruk yang asam dan selasih. Rasanya manis dan asam serta tambahan es membuat minuman ini cocok dikonsumsi saat hari panas sambil bersantai di Pantai.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: