Ada Hal Bersejarah Apa Saja Sih di Tanggal 4 Juni? Berikut Momen Penting dan Menarik yang Perlu Diketahui

Ada Hal Bersejarah Apa Saja Sih di Tanggal 4 Juni? Berikut Momen Penting dan Menarik yang Perlu Diketahui

Ilustrasi kalender Juni 2024.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sejumlah momen penting diperingati setiap harinya di berbagai belahan dunia. Lantas, di tanggal 4 Juni 2024 memperingati hari apa? Tanggal 4 Juni jatuh di hari Selasa pertama di bulan Juni 2024. 

Di tanggal 4 Juni ini pun bertepatan dengan sejumlah hari-hari penting internasional. Adapaun beberapa hari penting tersebut diciptakan dengan tujuan yang beragam, seperti untuk merayakan sesuatu hal, memperingati hal penting, atau pun dijadikan sebagai pengingat akan suatu hal. 

Hari-hari yang dirayakan oleh seluruh dunia tersebut di antaranya adalah Hari Anak Korban Perang Sedunia, Hari Corgi Sedunia, Hari Teknologi Bantuan Sedunia dan Hari Keju Sedunia. Untuk mengetahui lebih dalam tentang hari penting tersebut. 

Tanggal 4 Juni Memperingati Hari Apa?

Hari Anak Korban Perang Sedunia 

Setiap tanggal 4 Juni tiap tahunnya dirayakan Hari Anak Korban Perang Sedunia. Adanya hari ini bertujuan untuk membuat mata dunia terbuka akan rasa sakit yang diderita oleh anak-anak di seluruh dunia yang menjadi korban perang. Hari ini dilatarbelakang oleh kejadian perang antara Israel dan Lebanon Selatan pada Juni 1982. Dari kejadian itu banyak anak-anak Palestina dan Lebanon yang tidak bersalah yang menjadi korban tindakan agresi Israel. Perang empat bulan tersebut membuat Majelis Umum PBB mengesahkan dan mengadopsi Resolusi Hak Anak pada tahun 1997. Majelis PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) juga sepakat untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak di wilayah yang dilanda konflik di dunia.

BACA JUGA:

Hari Corgi Sedunia

Hari Corgi Sedunia atau International Corgi Day diperingati pada tanggal 4 Juni setiap tahunnya. Dikutip dari laman National Today, dirayakan untuk menyebarkan kasih sayang serta perhatian terhadap jenis anjing satu ini serta fokus untuk mengupayakan penyelamatan terhadap corgi yang ditelantarkan oleh pemiliknya.

Hari ini pertama kali dirayakan oleh Omaha Corgi Crew, berawal dari grup berisi 4 orang yang ingin memberi perhatian yang lebih ke corgi. Dan kini organisasi tersebut memiliki tujuan untuk merawat, menyelamatkan, dan mengadopsi corgi karena mereka percaya bahwa semua anjing yang ada di dunia adalah rekan yang baik. Sehingga, Omaha Corgi Crew ini tidak hanya berfokus pada corgi saja, tetapi juga pada jenis anjing yang lain.

Sejarah dari orgi ini pun dapat dilacak mulai dari abad ke 12 silam saat penenun Felmis pergi ke Wales untuk pindah kesana. Lalu, ada satu kisah kuno yang menceritakan kedatangan corgi kepada manusia ketika ada dua anak yang menemukan pemakaman peri di hutan. Peri itu kemudian memberikan dua ekor anak corgi kepada anak-anak tersebut. Dan garis bulu yang ada di dasar pangkal paha corgi itu dipercaya sebagai garis pelana saat corgi digunakan sebagai kuda perang oleh para peri.

Hari peringatan ini pun dianggap penting karena dijadikan sebagai hari perayaan untuk anjing kurcaci satu ini, karena corgi adalah jenis anjing yang luar biasa dengan sifatnya yang sangat ramah dan dapat beradaptasi dengan cepat untuk berteman dengan manusia. Hari ini juga berguna sebagai perayaan bagi ikatan antara manusia dengan binatang. Karena ikatan tersebut sangat unik, di samping menjadi teman hidup, binatang, terutama peliharaan lebih sering menunjukkan apa artinya mencintai tanpa syarat.

Dan di hari spesial ini, perlu bagi detikers untuk mengetahui beberapa fakta unik tentang binatang satu ini, seperti fakta anjing memiliki indra penciuman yang luar biasa bahkan dapat membantu pelacakan serta mendeteksi masalah medis. Lalu, ada satu jenis anjing yang dapat menandingi kecepatan cheetah. Jenis anjing tersebut bernama Greyhounds yang dapat memiliki kecepatan 45 meter per jam, di mana cheetah dapat mencapai kecepatan 70 meter per jam.

Lalu kebiasaan tidur anjing yang meringkuk ternyata juga memiliki tujuan, yaitu untuk menjaga organ mereka sebagai bentuk insting dari leluhur mereka saat masih hidup di alam liar. Anjing juga memiliki bagian tubuh yang unik seperti sidik jari manusia, namun, milik anjing ini berada di hidung mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: