Ada Hal Bersejarah Apa Saja Sih di Tanggal 4 Juni? Berikut Momen Penting dan Menarik yang Perlu Diketahui

Ada Hal Bersejarah Apa Saja Sih di Tanggal 4 Juni? Berikut Momen Penting dan Menarik yang Perlu Diketahui

Ilustrasi kalender Juni 2024.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Hari Teknologi Bantuan Sedunia

Hari Bantuan Sedunia atau World for Assistive Technology dirayakan setiap tahunnya di tanggal 4 Juni, dan tahun 2024 menjadi tahun pertama perayaan ini. Merujuk pada laman Days of the Year, teknologi bantuan ini adalah sistem dan alat yang membantu orang-orang disabilitas. Hal-hal tersebut bisa berupa bantuan untuk belajar, bekerja, ataupun untuk kehidupan sehari-hari.

Hari Teknologi Bantuan Sedunia ini dijadwalkan pertama kali di tahun ini, pendirinya adalah sebuah organisasi bernama Unlock the Everyday. Organisasi tersebut memiliki tujuan agar semua orang di dunia yang membutuhkan teknologi bantuan ini dapat mengakses semua alat tersebut, untuk siapapun, bahkan bagi mereka yang berasal dari negara dengan penghasilan rendah atau negara berkembang.

Contoh dari teknologi bantuan yang sudah ada adalah Braille, sebuah sistem tulisan sentuh bagi para tunanetra, lalu ada screen reading software, alat bantu dengar, dan fitur text to speech. Setidaknya ada 2.5 juta orang di seluruh dunia yang membutuhkan teknologi bantuan tersebut. Namun, bagi masyarakat di negara yang berpenghasilan rendah, hanya sekitar 10 persen saja yang dapat mendapatkan akses teknologi bantuan tersebut.

BACA JUGA:

Oleh sebab itulah, hari peringatan ini diciptakan untuk memberikan perhatian kepada kondisi penting satu ini agar semua orang dapat ikut berpartisipasi untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Hal yang dapat dilakukan untuk merayakan hari ini adalah dengan belajar dan menyebarkan tentang teknologi bantuan. Konsep teknologi bantuan ini pun sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu, diperkirakan pada abad ke-5 saat kursi roda ditemukan di Asia. Kemudian seiring berjalannya waktu, teknologi bantuan pun ikut berkembang.

Lalu, gunakan hari ini sebagai kesempatan untuk menyuarakan tentang teknologi bantuan. Bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah, yaitu menyebarkannya melalui platform-platform di media sosial, lalu dapat juga dirayakan dengan mengadakan acara amal sebagai bentuk donasi untuk teknologi bantuan, dan menyemangati serta tetap merangkul teman-teman yang membutuhkan teknologi bantuan tersebut.

Hari Keju Sedunia 

Keju merupakan makanan yang kerap menjadi campuran makanan utama. Ternyata keju memiliki hari besarnya yakni Hari Keju Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Juni. Hari Keju Sedunia ini dirayakan pertama kali di Winconsin, Amerika pada tahun 1914. Kecintaan orang terhadap keju membuat banyak negara ikut merayakannya. Ada yang membuat perlombaan masak dengan bahan utama keju sampai seminar tentang keju. Dalam perayaan ini, diharapkan bisa mengenal keju lebih dekat dan menikmati keju tanpa rasa khawatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: