Orang tua Wajib Tahu Bagaimana Cara Mengasuh Anak agar Mandiri

Orang tua Wajib Tahu Bagaimana Cara Mengasuh Anak agar Mandiri

--

Selain itu, eksplorasi dapat menambah wawasan dan mengembangkan pola pikir anak sehingga anak dapat menjadi cerdas dan mandiri. Ketika anak sedang eksplorasi, orangtua dapat memantau serta menjelaskan hal-hal yang ditemukan anak agar lebih mengerti. Jika anak menemukan kegiatan ekstrakurikuler yang membuat mereka tertarik, kamu dapat membawa anak bergabung ke tempat kursus untuk mengasah bakatnya.

5. Selalu Memberikan Dukungan

Satu hal yang penting dan tidak boleh terlupakan adalah dukungan dari orang tua. Setiap anak sangat membutuhkan dukungan dari kedua orang tuanya agar ia lebih semangat untuk melakukan sesuatu, termasuk dalam menerapkan jiwa kemandirian ini.

6. Hargai Setiap Usahanya

Terakhir dan juga tak kalah penting untuk mendidik si Kecil agar mandiri adalah selalu menghargai setiap usaha yang telah ia lakukan. Saat anank tidak bisa melakukan sesuatu, jangan sampai mengatakan kalimat yang dapat menurunkan kepercayaan diri anak. Lebih baik tetap ucapkan terima kasih karena ia sudah mau berusaha. 

7. Dengarkan Anak dan Tanya Pendapatnya

BACA JUGA:7 Cafe dengan Rooftop Keren dan Kekinian di Jakarta, Bikin Betah Nongkrong!

Cara mendidik anak agar mandiri yaitu

  • Sering mengajaknya bicara dan menanyakan pendapatnya.
  • Ajak anak mengobrol secara rutin.
  • Mendengarkan pendapat anak sangatlah penting. Tujuannya agar anak tidak hanya bertindak secara mandiri, tetapi juga dapat berpikir serta memiliki kemampuan untuk menciptakan ide dan opininya sendiri.
  • Dengan menunjukkan ketertarikan pada pemikiran dan pendapat anak, orang tua dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan pendapatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: