Orang tua Wajib Tahu Bagaimana Cara Mengasuh Anak agar Mandiri

Orang tua Wajib Tahu Bagaimana Cara Mengasuh Anak agar Mandiri

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda. Namun, salah satu faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak ialah orangtua. Seperti halnya ketika orangtua mendidik anak pasti diberikan hal-hal yang baik. Orangtua juga pasti ingin anaknya bisa menjadi mandiri. Mengenalkan anak pada hal-hal baru dan memberinya kepercayaan untuk menentukan pilihan. Tentu ini jadi salah satu cara untuk mendorong anak tumbuh mandiri.

Berikut tips mengasuh anak agar mandiri

1. Membiasakan Si Kecil Ikut Membantu

Setelah anak mulai tumbuh lebih besar, orang tua bisa memberikan tugas yang lebih berat seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Biasakan ia untuk ikut menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau membersihkan meja. Berikan pekerjaan yang tidak membahayakan dirinya sendiri. 

Hal ini juga berlaku untuk anak laki-laki. Banyak laki-laki yang saat sudah berkeluarga enggan turun tangan membantu istrinya membereskan pekerjaan rumah, karena tidak dibiasakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah oleh orang tuanya. 

BACA JUGA:Hitung Mundur Puasa Arafah 2024: Jadwal, Keutamaan, dan Persiapan

2. Jangan marahi anak ketika membuat kesalahan

Ketika anak berbuat kesalahan, jangan memarahinya apalagi membentaknya. Sebab, emosional anak masih belum stabil seperti orang dewasa dan mereka juga membutuhkan perhatian yang lebih, khususnya ketika anak membuat kesalahan atau gagal. 

Ketika anak melakukan kesalahan, sebaiknya orangtua memberikan dukungan positif kepada anak. Tak hanya itu, ajari anak untuk belajar dari kesalahan sehingga mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan belajar dari kesalahan, dapat membantu mengembangkan pola pikir anak sehingga menjadi lebih cerdas dan mandiri.

3. Hindari Memegang Tangan Anak

Banyak orangtua bingung bagaimana cara membimbing anak. Tanpa sadar mereka akan terus-menerus campur tangan saat anak melakukan suatu kesalahan. Padahal, kesalahan adalah pembelajaran bagi anak. Pada usia dini, ajarkan beberapa hal yang bisa membuat pekerjaannya lebih mudah. Sementara saat dia tumbuh dewasa, biarkan dia mendatangi orangtua sendiri jika dia membutuhkan bantuan. 

BACA JUGA:Catat Ya! Begini Tips Mengelola Grup WA Agar Tetap Aman dan Terjaga Privasinya

4. Membebaskan anak mengeksplorasi

Anak adalah seorang penjelajah kecil yang memiliki keingintahuan yang besar. Membebaskan anak melakukan eksplorasi dapat membantu melatih tubuh dan pikiran ana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: