4 Ramuan Herbal Ampuh untuk Turunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh

4 Ramuan Herbal Ampuh untuk Turunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh

4 Ramuan Herbal Ampuh untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh--Foto: ideogram.ai

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penyakit yang umum ditemukan di tengah masyarakat adalah asam urat. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat

Kondisi ini bisa terjadi pada berbagai sendi seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering pada jempol kaki.

Asam urat menyebabkan nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di area persendian. Biasanya, penyakit ini lebih sering menyerang pria, terutama mereka yang berusia di atas 30 tahun. Pada wanita, asam urat dapat muncul setelah menopause. 

Gejala yang dialami penderita asam urat bisa berlangsung antara 3-10 hari, dengan perkembangan yang cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali, asam urat disalahartikan sebagai rematik, padahal rematik menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

BACA JUGA:

Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat terbagi menjadi dua, yaitu asam urat primer dan sekunder. Beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah antara lain:

  • Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  • Mengalami cedera atau pembedahan.
  • Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Konsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Kondisi medis tertentu seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Ramuan Penurun Asam Urat

Penggunaan obat herbal masih menjadi pilihan masyarakat karena dianggap lebih minim efek samping. Bahan-bahan herbal yang digunakan sebagai obat cukup mudah ditemukan, seperti:

1. Jahe

Jahe sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional. Jika dikombinasikan dengan mentimun, efeknya dapat menurunkan asam urat. Mentimun bersifat diuretik, sehingga membantu membuang kelebihan asam urat melalui urine. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang meredakan nyeri. 

BACA JUGA:

Cara membuat: Siapkan 7 ons jahe, 1 buah mentimun, 2 batang seledri, setengah potongan lemon, dan secangkir air. Cuci semua bahan, potong mentimun dan seledri jadi potongan kecil, lalu blender hingga halus. Minum ramuan ini saat pagi hari setelah sarapan.

2. Nanas dan Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: