7 Masjid Tertua di Indonesia dengan Sejarahnya, Cocok Dijadikan Sebagai Wisata Religi

7 Masjid Tertua di Indonesia dengan Sejarahnya, Cocok Dijadikan Sebagai Wisata Religi

Potret salah satu masjid tertua di Indonesia.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Berdasarkan sejarah, Masjid Agung Banten yang menjadi kebanggan oleh masyarakat Banten ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin yakni sekitar tahun 1552. Masjid Agung memiliki ciri khusus yakni atap bangunan utama yang bertumpuk lima, layak pagoda Tiongkok. Masjid ini berada di komplek dan menjadi salah satu bangunan Masjid tertua di Desa Banten Lama.

BACA JUGA:

5. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah merupakan Masjid yang dibangun oleh Sultan Suriansyah pada tahun 1536. Masjid ini dibangun sebagai setelah dirinya memeluk agama Islam. Sultan Suriansyah merupakan raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah dibangun dengan gaya tradisional khas Banjar dengan atap tumpang tindih. Kemudian pada bagian mihrabnya memiliki atap yang terpisah dengan bangunan utama.

6. Masjid Menara Kudus

Masjid yang berada di Desa Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini sudah ada sejak tahun 1549. Masjid Menara Kudus ini dibangun oleh Sunan Kudus dengan keunikan yang terlihat pada bangunan Menaranya berbentuk Candi. Menara ini nampak menggambarkan perpaduan antara budaya Islam dengan Hindu.

7. Masjid Saka Tunggal

Masjid tertua di Indonesia aadalah Masjid Saka Tunggal. Dimana lokasi Masjid ini di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada tahun 1288 oleh Kyai Mustolih, dan catatanya sejarah terpampang jelas di tiang utama Masjid ini. Nampak satu tiang di bagian tengah pada Masjid ini yang menggambarkan hanya Allah SWT satu.

Nah itulah, beberapa 7 Masjid tertua di Indonesia yang dibangun oleh raja-raja Nusantara. Tidak hanya sebagai sejarah, Masjid ini bisa jadi rekomendasi untuk berwisata religi terlebih di bulan Ramadhan dan hari-hari suci umat Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: