Ini Alasan Dilarang Menarik Mobil Matic saat Mogok, Begini Aturannya yang Benar

Ini Alasan Dilarang Menarik Mobil Matic saat Mogok, Begini Aturannya yang Benar

Peyebab mobil matic tidak boleh asal di dorong atau di derek karena bisa merusak komponen mobil yang mengandalkan cairan hidrolis--Freepik

apabila terpaksa harus ditarik maka yang harus diperhatikan adalah menggunakan penggerak roda depan atau roda belakang. 

Apabila penggerak menggunakan roda depan maka lebih baik ban bagian belakang yang menyentuh tanah. 

Begitupun sebaliknya, jika penggerak roda belakang maka roda depan yang menyentuh tanah. Aturan ini harus diperhatikan agar tidak bersinggungan dengan aspal.

Anda harus tahu apa yang menjadi penyebab mobil mobok, pastikan juga hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab mobil matic mogok. 

Dengan mengetahui penyebabnya, bisa dijadikan cara mencegah agar tidak terjadi dan memudahkan Anda menangani jika mengalami masalah yang sama.

BACA JUGA:6 Tips Cara Tepat untuk Mengemudi Mobil Matic Biar Nggak Boros Bensin

BACA JUGA:Ini Bedanya Tuas Transmisi Mobil Matic Lurus dan Zig-zag

3 Tips Ampuh Cegah Mobil Matik Mogok

Salah satu cara yang efetif untuk mencegah mogok adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan berkala, minimal 2 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk tidak gampang rewel dan mobil matik mogok di jalan. Berikut adalah tips ampuh cegah mobil matik mogok:

1. Tune Up

Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar menyegarkan kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

2. Ganti Oli

Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan bila tidak ingin mobil matik mogok. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi risiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating dan bisa membuat mobil matik mogok.

3. Suspensi Kendaraan

Dalam rangkaian mencegah mobil matik mogok Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat membebankan suspensi. suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: