Bahaya Bagi Kesehatan, Inilah Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Bahaya Bagi Kesehatan, Inilah Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Ilustrasi orang bermain hp.-Foto: Unsplash.com-

Otak Menjadi Lelah

Dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

Membuat Lelah Saat Bangun Tidur

Main HP sebelum tidur memang tidak menimbulkan bahaya langsung bagi kesehatan. Namun, dalam jangka panjang, kualitas tidur yang menurun dapat membuat kamu lelah setiap bangun tidur. Kamu mungkin jadi tidak memiliki energi untuk beraktivitas dan lebih mudah mengantuk pada siang hari. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, kamu tentu akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

BACA JUGA:

Menyebabkan Nyeri Leher

Jika kamu terbiasa dengan sensasi nyeri leher yang mengganggu, maka menggunakan ponsel di tempat tidur dapat memperburuk kondisi yang ada. Saat kamu memiringkan kepala ke depan untuk melihat layar, otot-otot di leher akan tegang, menyebabkan rasa sakit. Jika kamu tidak bisa meninggalkan handphone sebelum tidur, coba menggenggamnya setinggi mata untuk menghindari ketegangan otot.

Memicu Doomscrolling

Menelusuri media sosial sebelum tidur, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama, mungkin saja dapat membuatmu tidak berhenti membaca berita buruk dan terus mencari kelanjutan informasi tersebut. Perilaku tersebut disebut doomscrolling.

Akibatnya, kamu bisa merasa cemas, stres, takut, tertekan, hingga paranoid terhadap sekitar. Penggunaan ponsel sebelum tidur sangat berdampak pada kesehatanmu.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak main HP setidaknya 1–2 jam sebelum waktu tidur. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini bisa berupa membaca buku, menulis jurnal, mandi air hangat, atau meditasi.

Kulit Menua Lebih Cepat

Kamu mungkin menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang mahal, tetapi sesuatu yang sederhana seperti menggunakan ponsel di tempat tidur dapat merusak semua upayamu.

Ketika kamu melihat ponsel kamu, itu menyebabkan kamu mengembangkan garis dan lipatan di leher kamu, yang pada gilirannya dapat membuat kamu terlihat tua sebelum waktunya.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait dampak buruk dari bermain ponsel sebelum tidur yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: