Jaga Kesehatan Gigimu Sejak Dini! Ketahui Dulu Jenis-jenis Pasta Gigi

Jaga Kesehatan Gigimu Sejak Dini! Ketahui Dulu Jenis-jenis Pasta Gigi

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Ada cukup banyak pasta gigi yang dijual di supermarket dan sejenisnya dengan berbagai kandungan yang diklaim memiliki manfaat berbeda-beda.

Pasta gigi adalah kunci dalam memastikan kamu menghilangkan makanan dan plak dari gigi. Ini membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang dan penyakit gusi, yang keduanya dapat menyebabkan masalah gigi yang lebih parah. Selanjutnya, tergantung kebutuhan kamu, pasta gigi dapat membantu mengatasi sensitivitas gigi, memutihkan gigi, menyegarkan nafas, menyehatkan gusi dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Simak! Panduan Keselamatan Penumpang Pesawat Saat Turbulensi Udara

 

Berikut jenis-jenis pasta gigi

1. Pasta gigi berfluoride

Untuk mencegah kerusakan gigi secara efektif, penting untuk memiliki kebersihan mulut yang tepat dan penggunaan pasta gigi berfluoride. Pasta gigi KIN mengandung selain 1.450 ppm F- bahan utama lainnya untuk perlindungan gigi dan gusi yang komprehensif seperti 0,05% cetylpyridinium chloride (CPC), provitamin B5 dan lidah buaya.

Dalam kasus kerentanan yang tinggi terhadap karies gigi dan jika asupan tambahan fluoride diperlukan dalam kebersihan mulut sehari-hari untuk memperkuat gigi.

 

2. Pasta Gigi Pemutih

Pasta gigi jenis ini diformulasikan khusus untuk membantu menghilangkan noda di permukaan dan mencerahkan warna gigi. Memang tidak bisa sepenuhnya mengubah warna alami gigi kamu, namun secara efektif dapat mengurangi munculnya noda dan meningkatkan kecerahan senyum kamu. Dibandingkan dengan metode pemutihan gigi lainnya, penggunaan pasta gigi pemutih merupakan metode yang tidak terlalu abrasif dan lebih murah.

 

3. Pasta gigi untuk gigi sensitif

Sensitivitas gigi bermanifestasi sebagai rasa sakit yang tajam dalam menanggapi stimulus eksternal seperti minuman panas atau dingin. Sangat penting untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk mengobati sensitivitas gigi, karena rasa sakit menghambat kebersihan gigi dan meningkatkan risiko kondisi lain.

BACA JUGA:4 Pilar pariwisata Menurut Sandiaga Uno, Fungsi Pilar, Membuat Pariwisara Kokoh Berdiri Tumbuh dan Maj

 

4. Pasta Gigi Pengontrol Karang Gigi

Pasta gigi jenis ini diformulasikan khusus untuk membantu mencegah terbentuknya karang gigi atau disebut juga kalkulus gigi pada gigi. Karang gigi adalah bentuk plak mengeras yang dapat menumpuk di gigi dan menyebabkan masalah kesehatan mulut.

Pasta gigi pengontrol karang gigi umumnya mengandung bahan seperti pirofosfat atau seng sitrat untuk membantu mengurangi pembentukan karang gigi. Meskipun pasta gigi pengontrol karang gigi dapat membantu mencegah pembentukan karang gigi, namun tidak dapat menghilangkan karang gigi yang sudah ada. Hal ini harus diserahkan kepada dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang dapat melakukan pembersihan gigi profesional untuk menghilangkan penumpukan karang gigi secara efektif.

 

5. Pasta gigi untuk anak-anak

Meskipun fluoride adalah elemen penting untuk mineralisasi gigi anak-anak yang benar dalam semua tahap pertumbuhan mereka, konsumsinya dalam jumlah besar dapat menjadi racun. Oleh karena itu, pasta gigi untuk anak-anak memiliki kandungan fluoride yang lebih rendah, yang meningkat saat anak-anak kecil tumbuh.

BACA JUGA:Makin Bersinar, Cristiano Ronaldo Sabet Gelar Top Skor di 4 Liga Berbeda

 

Cara memilih pasta gigi yang  tepat

Terkadang, kamu mungkin bingung saat memilih pasta gigi yang akan dibeli. Banyaknya varian yang berbeda-beda juga menarik perhatian kamu untuk mencobanya.

Namun, apapun produk yang kamu pilih, pastikan untuk membeli pasta gigi yang mengandung fluorida setidaknya sebanyak 0,1 persen. Pasta gigi yang baik juga mengandung bahan aktif seperti hidrogen peroksida untuk bantu melawan plak dan mencegah gingivitis.

Bila kamu memiliki kondisi tertentu seperti gigi berlubang, gigi sensitif, atau penyakit gusi, aroma mulut tak sedap kamu bisa konsultasikan kepada dokter guna mendapatkan rekomendasi mengenai pasta gigi yang cocok untuk kamu.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: