Hari Lansia Nasional, Unicharm Lifree Dorong Indonesia Nol Dekubitus

Hari Lansia Nasional, Unicharm Lifree Dorong Indonesia Nol Dekubitus

Hari Lansia Nasional Unicharm Lifree Dukung Indonesia Nol Dekubitus-ANNISA AMALIA ZAHRO-Disway Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bersama dengan itu, PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan popok dewasa Lifree yang menjadi satu-satunya di Indonesia yang menggunakan 100% bahan breathable (bersirkulasi).

Inovasi ini menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia nol dekubitus.

Untuk diketahui, kejadian luka dekubitus di Indonesia lebih tinggi dibanding negara-negara lain di ASEAN.

Diketahui bahwa rasio kejadian luka dekubitus di Indonesia mencapai 33 persen.

"Lansia dengan kondisi tirah baring yang mobilitasnya terbatas memiliki risiko terkena luka dekubitus lebih tinggi karena adanya tekanan pada area tubuh yang sama dalam jangka waktu lama," ujar dr. Rinadewi Astriningrum, Sp.D.V.E, Subsp.D.A dalam keterangan Rabu, 29 Mei 2024.

BACA JUGA:

Rina menjelaskan, luka tersebut timbul karena tekanan yang dikombinasikan dengan geseran atau gesekan dan kelembapan tinggi.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta Jajang Rahmat Solihin, M.Kep, Sp.Kep Kom menambahkan, lansia rentan terkena dekubitus jika tetap berada dalam posisi tubuh yang sama dalam jangka waktu lama karena sirkulasi darah terhambat.

"Sehingga penting untuk merubah posisi tubuh secara berkala," katanya.

Selain itu, Jajang menambahkan, memilih produk popok yang memiliki sirkulasi udara baik dan membasuh kulit di sekitar area luka dekubitus dengan air hangat secara perlahan perlu dilakukan.

Adapun Lifree baru saja meluncurkan popok dewasa pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan 100% bahan breathable.

Ini melanjutkan inisiatif di tahun 2023 melalui kolaborasi antara pemerintah, produsen, dan akademisi dalam melakukan riset bersama Clinical Research Supporting Unit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI).

Lifree Popok Perekat terbukti dapat mengurangi kelembapan kulit di area sekitar perut hingga 25 persen dibanding menggunakan popok perekat biasa berbahan vinyl.

Lalu, kelembapan di dalam popok juga membaik 23 persen dibanding popok perekat biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: