Daftar Destinasi Wisata Magelang yang Terkenal dan Suguhkan Panorama Alam yang Indah

Daftar Destinasi Wisata Magelang yang Terkenal dan Suguhkan Panorama Alam yang Indah

Ilustrasi wisata Magelang.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Pernah mencari tahu bagaimana panorama Gunung Everest di Nepal? Kalau penasaran, Anda bisa menikmati di wisata Magelang. Tempat wisata ini sebenarnya adalah dusun wisata di wilayah Dusun Butuh. Nepal Van Java ini letaknya berada di Lereng Gunung Sumbing, sehingga jangan heran jika akses menuju ke sana akan banyak melewati tanjakan. Pastikan kendaraan yang Anda tumpangi kuat digunakan untuk menanjak. Untuk bisa berfoto dengan pemandangan Gunung Sumbing dan perumahan yang menyerupai perumahan di sekitar Gunung Everest, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sekitar Rp 8.000 dengan biaya parkir motor sekitar Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

Candi Borobudur

Rekomendasi tempat wisata di Magelang yang pertama tentunya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur menjadi salah satu bangunan yang berhasil masuk dalam 7 Keajaiban Dunia. Luasnya sekitar 15.130 meter persegi. Candi ini digunakan sebagai tempat pemuliaan Buddha. Biasanya, umat Buddha berkumpul di sini untuk memperingati Trisuci Waisaka. 

Lokasi: Jalan Badrawati, Candi Borobudur, Borobudur, Magelang.

Jam operasional: 06.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp20 ribu untuk anak-anak dan Rp40 ribu untuk dewasa.

BACA JUGA:

Candi Selogriyo

Tempat wisata di Magelang yang kaya akan nilai sejarah tak hanya Candi Borobudur. Candi Selogriyo juga punya menarik untuk ditelusuri. Candi ini dipercaya sudah ada sejak zaman Mataram Kuno dan sebagai bukti perkembangan agama Hindu. Lokasinya berada di perbukitan, sehingga suhu udara begitu sejuk. Kamu pun bisa melihat panorama pegunungan indah.

Silancur Highland

Berlokasi di lereng tenggara Gunung Sumbing, Silancur Highland menyajikan keindahan pemandangan alam yang begitu indah. Mulai dari taman bunga, camping ground, sampai fasilitas golden sunrise untuk menikmati langsung matahari terbit dari atas ketinggian. Jika kamu punya hobi fotografi, Silancur Highland sangat cocok dijadikan tempat hunting karena ada banyak spot foto yang menarik. Tiket masuk ke area bukit Silancur cukup murah yaitu Rp10 ribu sedangkan untuk glamping dikenakan biaya tambahan.

Curug Silawe

Curug Silawe berada di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Memiliki ketinggian mencapai 60 meter, air terjun ini mengalirkan air yang jernih dan segar, serta dihiasi pepohonan yang hijau menambah suasana asri dan sejuk. Curug ini berada di lokasi yang masih sangat alami dan asri, juga jauh dari keramaian kota, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Punthuk Setumbu 

Punthuk Setumbu berada di kawasan perbukitan tepatnya di gugusan Bukit Menoreh. Lokasinya ada di Jalan Borobudur Ngadiharjo km 4, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Berada pada ketinggian 1.300 mdpl, destinasi wisata Magelang ini awalnya hanya sebuah ladang milik warga yang kemudian dijadikan tempat wisata dengan menawarkan pemandangan dan matahari terbit yang indah. Tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang cantik dengan latar Candi Borobudur dan pergunungan, atau sakedar untuk bersantai menikmati pemandangan dan udara sejuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: