Ketahui, 7 Penyebab AC Mobil Bunyi Berdengung saat Digunakan

Ketahui, 7 Penyebab AC Mobil Bunyi Berdengung saat Digunakan

Tips and trick merawat ac mobil--

Perlu diketahui bahwa gas freon mobil berfungsi untuk mendinginkan suhu pada kabin mobil. Dengan kondisi gas freon mobil yang sudah habis ini bisa membuat AC mobil menjadi tidak dingin disertai dengan munculnya suara dengungan yang cukup bising. 

2. Evaporator Kotor

Komponan AC mobil memiliki evaporator yang berfungsi untuk menampung gas freon setelah mengalami proses dari bagian kompresor. Evapator berperan untuk menampung gas yang kemudian disalurkan menuju blower.

Penyebab evapator kotor dikarenakan kebiasaan membuka jendela mobil Ketika AC sedang dinyalakan.

Kotoran-kotoran dari luar yang terserap oleh AC mobil tertumpuk dalam evaporator yang bisa mengganggu kinerjanya. Akibat evaporator yang kotor bisa membuat suara dengung atau bising pada AC mobil Ketika dinyalakan.

3. Masalah pada Magnetic Clutch

Magnetic clutch merupakan bagian penting dari AC. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan kompresor dengan mesin. Ketika bagian ini memiliki masalah, kinerja dari AC akan menjadi tidak dapat maksimal.

Kerusakan magnetic clutch akan menghambat berbagai fungsi kompresor. Selanjutnya, kompresor dapat menghasilkan bunyi dengung dan mengganggu.

4. Puli Tensioner Bermasalah

Bagian lain yang perlu Anda cek ketika AC mobil berbunyi berisik yaitu bagian puli tensioner. Bisa jadi, bearing yang terdapat di sana telah mengalami aus.

Selain itu, jika AC mobil sering Anda gunakan untuk mode yang sangat dingin, hal ini akan menjadikan puli tensioner tertekan.

BACA JUGA:

5. Katup Ekspansi Valve Tersumbat

Katup ekspansi valve yang tersumbat juga dapat membuat AC mobil bunyi dengan bising. Katup ini memiliki fungsi sebagai penyalur gas freon yang telah dialirkan dari evaporator.

Jika bagian ini tersumbat atau tertutup, maka gas freon dapat melaju dengan lebih cepat. Selanjutnya, terdengar bunyi berisik dari AC mobil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: