Resep Wingko Babat: Manis Gurih Legitnya Camilan Tradisional Khas Jawa Timur

Resep Wingko Babat: Manis Gurih Legitnya Camilan Tradisional Khas Jawa Timur

Resep wingko babat, camilan khas Jawa Timur --Instagram @luis_widarto

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Wingko babat, kudapan manis legit ini merupakan salah satu camilan tradisional khas Jawa Timur yang digemari banyak orang. 

Rasanya yang manis gurih dan teksturnya yang unik, membuat wingko babat selalu menjadi primadona di berbagai acara.

Wingko babat terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, dan air kelapa. Adonan tersebut dimasak dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khusus atau dibulatkan secara manual, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Wingko babat memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari camilan lainnya. 

Pertama, teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Hal ini disebabkan karena proses pemanggangan yang tepat, sehingga menghasilkan wingko babat yang sempurna.

Kedua, rasa manis legitnya yang khas. Perpaduan gula pasir, santan, dan kelapa parut menghasilkan rasa manis yang pas dan tidak berlebihan.

BACA JUGA:

Ketiga, aromanya yang harum. Daun pandan yang digunakan dalam adonan wingko babat memberikan aroma yang harum dan menggoda selera.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, intip resep wingko babat di bawah ini. Dijamin kamu bakal ketagihan dengan camilan khas Jawa Timur yang satu ini.

Resep Wingko Babat

Dikutip Radarpena dari Instagram @luis_widarto, inilah resep wingko babat yang bisa kamu jadikan panduan untuk mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa catat dan recook, ya!

Bahan-bahan:

  • 100 ml santan instan
  • 100 ml air kelapa
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gram margarin
  • 250 gram kelapa parut setengah tua
  • 175 gram tepung ketan

Cara Membuat:

1. Rebus jadi satu santan, air kelapa, gula, garam dan margarin, sampai margarin leleh (tidak usah sampai mendidih), angkat dan biarkan hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: