Iran Berkabung, Jokowi Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Presiden Ebrahim Raisi

Iran Berkabung, Jokowi Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Presiden Ebrahim Raisi

Ucapan belasungkawa Presiden Jokowi untuk Presiden Iran, Ebrahim Raisi.-Foto: X.com/@jokowi-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta rombongan seusai helikopter yang ditumpanginya jatuh di Azerbaijan Timur. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam akun media sosial resmi miliknya. Jokowi menyebut bahwa ia berduka cita mendalam. Ia juga turut mendoakan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran. 

"Duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi, beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran," tulis Jokowi di media sosial X miliknya.

"Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran," tambahnya. 

BACA JUGA:

Helikopter yang dinaiki oleh Presiden Raisi dan pejabat Iran lain jatuh ke sebuah hutan dekat perbatasan Azerbaijan. Hal itu terjadi usai rombongan Raisi meresmikan sebuah kerjasama bendungan antara Iran-Azerbaijan.

Sebelum Jokowi, Menlu Retno Marsudi juga menyampaikan belasungkawa untuk Menlu Iran Hossein Abdollahian yang turut menjadi korban dalam kecelakaan helikopter.

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Saya turut berduka cita atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi & teman baik saya, Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian, beserta delegasi yang mendampingi Presiden," kata Retno di X.

Retno juga menyebut bahwa Abdollahian merupakan rekan kerja yang baik. Ia juga turut mengunggah foto pertemuan terakhir dengannya.

"Beliau adalah rekan kerja yang baik & kami selalu meluangkan waktu untuk bertemu di sela-sela berbagai pertemuan. Semoga jiwanya istirahat dalam damai," ungkap Retno.

Sebelumnya, Pesiden Iran Ebrahim Raisi dilaporkan meninggal dunia setelah helikopter yang membawanya jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur pada Minggu, 19 Mei 2024 siang. Kecelakaan ini juga menewaskan seluruh penumpang di dalam helikopter itu, termasuk Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian. 

BACA JUGA:

"Ebrahim Raisi, presiden kedelapan Iran, menjadi martir setelah sebuah helikopter yang membawanya dan rombongan jatuh di wilayah Varzaqan di Provinsi Azerbaijan Timur," demikian laporan kantor berita Iran, IRNA, Senin, 20 Mei 2024.

Menurut laporan IRNA, seluruh penumpang helikopter meninggal, termasuk korban lain termasuk Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, Kepala Tim Pengawal Raisi Mehdi Mousavi, dan Perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Mohammad Ali Al-e-Hashem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: