Sejarah Penyakit DBD di Indonesia dan Dunia, Waspada Bahaya Kematian Mengintai

Sejarah Penyakit DBD di Indonesia dan Dunia, Waspada Bahaya Kematian Mengintai

Sejarah DBD Korban berjatuhan, 2024 Indonesia Waspada DBD Foto : Indonesia Baik--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID- Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang sudah cukup lama dikenal masyarakat dunia. 

Penyakit ini untuk pertama kalinya ditemukan pada tahun 1780-an tepat di Asia, Afrika dan Amerika Utara. Saat awal muncul nama penyakit ini adalah Dengue Fever. 

Jika dihitung dari tahun sekarang, setidaknya masyarakat di dunia sudah mengetahui penyakit mematikan demam berdarah hampir 250 tahun silam. Suatu penyakit yang berusia tua mengiringi sejarah hidup manusia di bumi.

Lantas kapan penyakit demam berdarah ini menular sampai ke Indonesia. Dari catatan sejarah terkuak, masyarakat di Indonesia mulai terjangkit DBD sejak tahun 1950-an.

Saat itu DBD menyerang kawasan Asia Tenggara yakni Filipina. Barulah setelah itu, menular sampai ke Indonesia.

BACA JUGA:

Masyarakat di Pulau Jawa khususnya di Kota Surabaya, dilaporkan merupakan penderita pertama DBD di tahun 1968.

Saat itu Bidang Pemerintahan yang menangani urusan kesehatan mencatat ada sebanyak 96 kasus yang ditemukan dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 56 kasus dan 16 di antaranya meninggal dunia (MD).

Selanjutnya memasuki tahun 2016, di Indonesia terjadi lonjakan kasus DBD dan angka kasus   penyakit ini sebanyak 204.171 dengan jumlah korban meninggal dunia (MD) mencapai  1.598 orang. Angka yang luar biasa dilihat dari jumlah korban MD. 

Cara Penularan DBD 

Penyakit DBD disebabkan oleh virus Dengue, yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus. Siklus penyebarannya dimulai dari proses  air liur nyamuk, kemudian virus akan  bereplikasi pada bagian organ tubuh tertentu.

Kemudian virus ini akan menginfeksi bagian sel darah putih dan jaringan limfoid. Terakhir virus akan dilepaskan sehingga mampu bersirkulasi atau mengalir dalam darah.

Cegah DBD Sebelum Terlambat

Memadang begitu bahayanya DBD ini masyarakat agar waspada dan berhati-hati. Bagi seseorang yang terkena DBD akan memunculkan gejala utama yakni demam tinggi  disertai sakit kepala terus menerus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: