VIRAL! Detik-detik Langit di Portugal dan Spanyol Berubah Jadi Warna Biru Terang saat Malam Hari

VIRAL! Detik-detik Langit di Portugal dan Spanyol Berubah Jadi Warna Biru Terang saat Malam Hari

Potret sebuah meteor yang jatuh di langit Portugal dan Spanyol pada malam hari yang viral di media sosial.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Baru-baru ini di sejumlah wilayah Spanyol dan Portugal menjadi saksi terkait fenomena langit yang menghebohkan pada Sabtu, 18 Mei 2024 malam waktu setempat.

Fragmen komet yang melintas mengubah langit malam itu menjadi berwarna kebiruan. 

Momen ini dibagikan oleh akun X (Twitter) @CollinRugg yang memperlihatkan bahwa langit malam seketika berubah menjadi terang berwarna kebiruan akibat cahaya dari meteor yang jatuh di sekitar negara Portugal.

Semua orang terlihat sangat kagum dengan apa yang dilihatnya pada langit malam itu. “Meteor terlihat di langit Spanyol dan Portugal. Ini gila.

Laporan awal menyatakan bahwa kilatan biru terlihat melesat melintasi langit malam sejauh ratusan kilometer. Saat ini, belum dapat dipastikan apakah benda tersebut menghantam permukaan bumi, namun beberapa laporan mengatakan benda tersebut mungkin jatuh di dekat kota Castro Daire.

Laporan lain menyebutkan lokasinya lebih dekat ke Pinheiro,” bunyi keterangan video tersebut dalam unggahannya pada Minggu, 19 Mei 2024.

Beberapa saksi yang melihat mengaku terkejut melihat bola api besar bergerak cepat dan mengubah langit gelap menjadi terang. Dalam banyak video yang viral di media sosial, asteroid yang terlihat seperti bola api berwarna biru melintasi langit Portugal dengan cepat.

BACA JUGA:

Hanya dalam hitungan detik, suasana gelap berubah menjadi kebiruan saat meteor bercahaya itu melintasi langit. Cahaya biru yang mengingatkan pada laut artik.

Asteroid berbatu menyebabkan garis-garis setinggi langit saat mereka hancur dengan sendirinya di atmosfer bumi dengan frekuensi tertentu.

Namun pada akhir pekan, proyektil tersebut jatuh ke arah Bumi dengan kecepatan luar biasa – sekitar 100.000 mil per jam, lebih dari dua kali lipat kecepatan yang diharapkan oleh asteroid pada umumnya. Para ahli mengatakan lintasannya aneh, tidak sesuai dengan lintasan yang biasanya diambil oleh batuan luar angkasa di dekatnya.

Dikutip dari The New York Times, meteor kebiruan di langit Portugal itu adalah pecahan komet – benda es yang mungkin terbentuk pada awal tata surya – yang kalah dalam pertarungan dengan atmosfer planet kita yang terletak 37 mil di atas Samudera Atlantik.

Kemungkinan besar tidak ada satu pun objek yang berhasil mencapai bumi, kata Badan Antariksa Eropa.

Di media sosial, reaksi dari warga adalah rasa takjub, karena memang sangatlah indah dan tak pernah dilihat sebelumnya. Namun rasa takut serta cemas akan membahayakan keselamatan mereka juga tak kalah besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: