Sedih, Petani Menangis Histeris Harga Jagung Anjlok Drastis Usai Panen Raya

Sedih, Petani Menangis Histeris Harga Jagung Anjlok Drastis Usai Panen Raya

Tangkapan layar video viral petani jagung yang menangis histeris akibat harga jagung anjlok. -Foto: X.com/@daeng_info-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Baru-baru ini media sosial dikejutkan dengan sebuah video yang memperlihatkan seorang petani jagung yang menangis histeris dan meronta-ronta. 

Pasalnya, dalam unggahan video yang tengah ramai diperbincangkan di dunia jagat maya ini, salah satunya akun X (Twitter) @daeng_info ini menampilkan aksi seorang wanita yang berprofesi sebagai petani jagung dibuat meronta-meronta, menangis histeris gara-gara harga jagungnya anjlok dalam beberapa waktu terakhir. 

HARGA JAGUNG ANJLOK! Petani jagung di Kalukku, Mamuju ini menangis histeris gara2 HARGA JAGUNG anjlok dalam beberapa hari terakhir," tulis keterangan dalam video viral tersebut.

Terlihat dalam video yang beredar seorang wanita paruh baya dengan mengenakan baju warna cokelat dan tutupan kepala hitam ini dibuat hancur dan kecewa terkait turunnya harga jual jagung yang terus menerus tersebut. 

BACA JUGA:

Bahkan, pilunya lagi ia juga terlihat meletakan tubuhnya sambil tengkurap dan sambil melata di atas tumpikan biji jagung milik hasil penennya. Ia juga sesekali terlihat menghamburkan biji jagung itu ke atas kepalanya. 

"Murah sekali harganya jagung, tolong. Di mana aku mengadu ini," terang wanita paruh baya tersebut sambil menangis histeris," ucapnya dalam video tersebut.

Seperti yang diketahui menurut keterangan salah satu sumber, di beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan salah satunya, harga jual jagung juga mengalami anjlok hingga Rp.2.500/kg per Mei 2024. 

Sontak saja hal ini lantas membuat para petani jagung muak dan menuntun Badan Urusan Logistik (BULOG) agar bisa mendapatkan titik terang dari adanya masalah tersebut.

Sebagai informasi sebelumnya, bahwa Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan sebuah panen raya jagung di Gorontalo pada Senin, 22 April 2024 dan Sumbawa Rabu, 22 April 2024 lalu. 

Berdasarkan data Bapanas, harga jagung di tingkat peternak stabil selama sepekan terakhir di level Rp 5.000 per kg dan mencapai Rp 5.700 pada hari ini, Rabu, 15 Mei 2024. Harga jagung di wilayah produsen ayam dan telur pun turun menjadi Rp 5.260 per kg di Jawa Tengah dan Rp 5.570 per kg di Jawa Barat. 

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Bapanas Maino Dwi Hartono mengatakan, kelebihan produksi jagung diperburuk dengan kemampuan serap gudang dan industri pakan yang terbatas. Hal ini membuat harga jagung dengan kadar air 16% di tingkat petani kini hanya senilai Rp 4.600 sampai 4.700 per kg. 

BACA JUGA:

Maino menilai, panen raya membuat harga jagung di tingkat peternak lebih rendah dari Harga Acuan Pemerintah atau HAP senilai Rp 5.800 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: