Inilah Tujuan dari Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024

Inilah Tujuan dari Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024

Tujuan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024, Dalam Rangka Apa?-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Paus Fransiskus, pemimpin spiritual umat Katolik, telah dikonfirmasi akan mengunjungi Indonesia pada September tahun 2024 ini. 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah mengonfirmasi kabar tersebut, dengan Juru Bicara Kemlu RI. Lalu Muhammad Iqbal, sebelumnya menyatakan bahwa mereka sedang dalam proses pembahasan untuk menentukan tanggal kunjungan. 

Harapan mereka adalah agar kunjungan tersebut dapat terlaksana sesegera mungkin. Sebelumnya, pada tahun 2020, Paus Fransiskus berencana mengunjungi Indonesia, tetapi terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang melanda. 

Kunjungan ini diyakini akan menjadi momen penting bagi umat Katolik di Indonesia dan juga untuk hubungan diplomatik antara Indonesia dan Takhta Suci. 

Masyarakat Indonesia pun diharapkan menyambut kunjungan tersebut dengan antusiasme dan keramahan yang khas.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas pergi ke Vatikan pada 2022 untuk mengundang Paus Fransiskus ke Indonesia dengan tujuan menyapa umat Katolik dan memperlihatkan keragaman Indonesia. 

Meskipun rencana kunjungan Paus ke Indonesia sebelumnya terpaksa dibatalkan karena pandemi, Yaqut menyatakan tekadnya untuk menjadikan Indonesia sebagai barometer toleransi dan harmoni keberagaman. 

Kementerian Agama RI menetapkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi, dengan harapan mempromosikan kedamaian antar umat beragama dan saling menghargai perbedaan. 

Baru-baru ini, Yaqut secara resmi mengumumkan bahwa Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Indonesia. 

Dia menyatakan bahwa telah menerima surat pemberitahuan dari otoritas Vatikan mengenai rencana kedatangan Paus Fransiskus tersebut. 

Menurutnya, Paus Fransiskus dijadwalkan akan tiba pada 3 September 2024, suatu kehormatan besar bagi bangsa Indonesia.

Dalam pernyataannya di Rembang pada Sabtu, 30 Maret 2024, Yaqut menegaskan bahwa penantian selama 2 tahun akhirnya terbayar dengan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: