Profil Paus Fransiskus yang Akan Kunjungi Indonesia Penuhi Undangan Menag Yaqut

Profil Paus Fransiskus yang Akan Kunjungi Indonesia Penuhi Undangan Menag Yaqut

Profil dan jejak hidup Paus Fransiskus--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dengan gembira mengabarkan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3 September 2024. 

Dia menyatakan bahwa kabar ini adalah respons atas undangannya kepada Paus Fransiskus saat berkunjung ke Vatikan pada 2022. 

Menurutnya, tujuan dari undangan Paus Fransiskus ini adalah untuk menyambut umat Katolik di Indonesia. 

Kabar ini menjadi momentum penting dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama di Indonesia dan menunjukkan semangat toleransi dan dialog antaragama yang dijunjung tinggi.

Lantas, seperti apa profil dan jejak hidup Paus Fransiskus selama ini? Simak selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:

Profil Paus Fransiskus 

Paus Fransiskus, lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio pada 17 Desember 1936, di Buenos Aires, memiliki darah Italia yang kental. 

Memulai kariernya sebagai seorang Jesuit pada tahun 1969, ia menjalani studi di Argentina dan Jerman sebelum naik pangkat menjadi Uskup pada tahun 1992, kemudian Uskup Agung Buenos Aires pada tahun 1998. 

Bergoglio dinilai layak sebagai calon kepausan dalam konklaf 2005 dan akhirnya terpilih menjadi Paus pada 13 Maret 2013, menggantikan Benediktus XVI yang mundur pada 28 Februari 2013.

Sebagai Paus pertama yang berasal dari Serikat Yesus (Jesuit), dan juga orang Amerika Latin pertama yang memimpin 1,2 miliar umat Katolik dalam sejarah modern, Paus Fransiskus telah menarik perhatian dunia dengan kepemimpinannya yang rendah hati dan terfokus pada isu-isu sosial, lingkungan, dan ketidaksetaraan. 

Dedikasinya untuk keadilan sosial dan perdamaian telah membuatnya menjadi tokoh berpengaruh dalam dunia agama dan politik global.

Melansir dari BBC, Paus Fransiskus dikenal karena gaya hidupnya yang sederhana. Ia kerap menggunakan transportasi umum dan memilih tinggal di apartemen daripada istana keuskupan. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: